10 Urutan Cara Make Up yang Benar Untuk Hasil Maksimal

10 Urutan Cara Make Up yang Benar Untuk Hasil Maksimal

Urutan cara make up yang benar itu seperti apa sih? Buat alis dulu atau make up-in mata yang lebih dulu? Gunakan foundation dulu atau cocealer-nya yang lebih dulu?

Sesunguhnya dalam make up tak ada aturan baku yang menjelaskan cara apa yang paling benar dalam bermake up. Sebab make up adalah persoalan hasil dan selera, selama hasilnya maksimal dan sesuai dengan selera maka urutan seperti apa pun sah-sah saja untuk dilakukan.

Namun tentunya ada beberapa urutan mendasar dalam bermake up yang perlu di perhatikan terutama bagi pemula, agar tampilan make up semakin sempurna. Ingin tahu urutan cara make up yang benar khusus untuk pemula? Simak ulasan berikut selengkapnya.

  • Urutan Cara Make Up yang Benar : Mulai dengan Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah merupakan urutan cara make up pertama yang benar. Hal ini supaya make up yang akan diaplikasikan semakin sempurna dan kulit pun tetap baik-baik aja. Jika wajah tidak dibersihkan sepenuhnya sebelum menggunakan make up, kuman dan bakteri yang menempel di wajah bisa saja memunculkan masalah baru seperti  jerawat misalnya.

Tentu Anda tak maau bukan, hanya karena ingin tampil sempiurna dengan make up tapi sehabis itu jerawat justru bersarang di wajah. Bukan hanya lama memulihkannya kembali, terkadang jerawat dapat meninggalkan bekas yang sulit hilang dan butuh waktu yang lama. Karenanya gunakan pembersih khusus wajah untuk mendapatkan wajah bersih, lalu gunakan toner agar wajah jadi lebih segar.

Urutan Cara Make Up yang Benar

  • Gunakan Pelembab Wajah

Setelah membersihkan wajah, urutan kedua cara mmake up yang benar ialah gunakanlah pelembab. Untuk menggunakan pelembab Anda harus teliti dan berhati-hati dalam memilih pelembab untuk wajah Anda, setidaknya ketahui jenis kulit wajah Anda sebelum mulai memilih pelembab.

Pelembab yang tepat sesuai jenis kulit dapat mebuat kulit semakin sehat dan terawat. Selain itu pilih pelembab yang terdapat kandungan SPF di dalamnya agar mampu memberikan perlindungan dari bahaya sinar matahari. Minimal pilih pelembab dengan kandungan SPF 15, jika lebih dari itu justru lebih baik karena dapat memberikan perlindungan yang lebih.

  • Gunakan Primer

Face primer merupakan kunci dari riasan make up yang tahan lama bahkan seharian penuh. Kuncinya gunakan primer sebelum mengaplikasikan bb cream atau foundation lainnya di wajah. Oleskan sedikit primer di wajah, cukup seujung jari saja kemudian ratakan ke seluruh wajah dan juga bagian leher.

Baca Juga:  Perbedaan Selulit dan Stretch Mark Yang Perlu Anda Ketahui

Menggunakan primer sebelum foundation justru akan semakin mudah mengaplikasikan foundation dan memebuatnya membaur sempurna di wajah.

  • Aplikasikan Alas Bedak

Alas bedak atau foundation penting dalam bermake up karena akan mebuat make up semakin sempurna tanpa cela an menutup semua kekurangan di wajah. Seperti warna kulit tidak merata, flek hitam hingga bekas jerawat.

Pilih foundation dengan tone warna di bawah warna kulit Anda supaya dapat memberikan coverage yang maksimal dan membuat tampilan make up terlihat lebih natural. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih ringan, pilih foundation yang berjenis tint moisturizer dan baurkan dengan kuas atau sponge secara merata agar terlihat lebih natural.

Urutan Cara Make Up yang Benar

  • Lanjutkan dengan Concealer

Concealer dan foundation sesungguhnya memiliki karakter yang sama yakni menutupi kekurangan yang ada di wajah. Jika foundation digunakan untuk seluruh wajah maka berbeda dengan concealer yang hanya digunakan untuk beberapa bagian tertentu saja seperti lingkar hitam di bawah mata atau flek hitam bekas jerawat. Pilih concealer satu tinggkat lebih teran dari warna kulit asli Anda

Concealer diaplikasikan setelah foundation supaya lebih maksimal dalam menutupi kekurangan di wajah. Jika digunakan sebelum foundation, concealer tidak akan maksimal karena tertutup foundation. Anda dapat menggunakan sponge atau kuas untuk mengaplikasikan concealer, baurkan hingga kekurangan di wajah jadi tersamarkan dengan  sempurna.

  • Kemudian Pulaskan Bedak

Setelah menggunakan foundation dan concealer, biarkan sebentar agar keduanya lebih menyatu baru kemudian pulaskan bedak. Memilih bedak juga haru hati-hati, pastikan agar warna dan jenis bedak sesuai dengan kulit.

Supaya tampilan make up lebih natural dan bukan seperti sedang mmengenakan topeng. Selain itu bedak juga dapat mengurangi tampilan berminyak pada wajah dan membuat make up semakin sempurna.

  • Beralih ke Alis

Alis merupakan bingkai wajah seingga penting sekali memiliki bentuk alis yang sempurna untuk melengkapi make up agar semakin mempesona. Anda bisa menggunakan pensil alis atau memulaskan eyeshadow untuk memperjelas dan mmepercantik bentuk alis Anda. Jika ingin tammpilan yang lebih natural Anda dapat menyikatnya saja, semua tergantung selera Anda ingin tampil seperti apa.

Baca Juga:  Penyebab Stretch Mark Saat Hamil

Urutan Cara Make Up yang Benar

  • Riasan Mata

Jika alis adalah bingkai maka mata adalah jendela, karenanya make up mata menjadi penting untuk menonjolkan karakter Anda. Gunakan eyeshadow untuk memberikan gradasi warna yang cantik pada kelopak mata Anda.

Pilih warna yang lembut dan sesuaikan dengan tujuan Anda,  misalnya untuk acara yang kasual pilih warna yang lembut untuk tampilan yang natural. Untuk membuat garis mata Anda lebih tegas, aplikaskan eyeliner lalu mascara sebagai penyempurna riasan mata.

  • Sapukan Blush On

Gunakan blush on atau perona pipi untuk mendapatkan riasan wajah yang semakin fresh dan natural. Pilih blush on dengan warna-warna natural dan lembut seperti pink atau cokelat muda. Sapukan blush on pada tulang pipi saja, baurkan dengan menggunakan kuas blush on.

  • Sempurnakan dengan Lipstik

Urutan terakhir dalam urutan cara make up yang benar ialah dengan memulaskan lipstik. Agar lebih mudah mengaplikasikan lipstik gunakan lip liner sebelumnya untuk mendapatkan bentuk bibir yang sempurna. Anda pun dapat menggunakan kuas untuk menyapukan lipstik.

Urutan Cara Make Up yang Benar

Pilih lipstik yang sesuai dengan karakter Anda agar hasil riasan make up semakin memukau. Lagi pula warna lipstik juga dapat menjadi cerminan karakter seseorang. Sehingga penting untuk memilihnya dengan teliti. Jangan lupa pilih lipstik yang berkualitas dan memberikan kelembaban pada bibir, supaya bibir tetap sehat dan cantik.

Demikian urutan cara make up yang benar yang bisa jadi panduan untuk pemula ketika ingin merias wajahnya. Make up adalah selera sehingga tak ada aturan pasti di dalamnya namun urutan yang tepat dapat membuat make up jadi lebih mempesona. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!