Featured Video Play Icon

8 Gerakan Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Berolahraga merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Meskipun sebenarnya penurunan berat badan tidak akan terjadi dalam waktu yang cepat. Namun mengatur pola makan dan juga melakukan beberapa gerakan olahraga dapat membantu mempermudah dalam menurunkan berat badan. Ada 9 gerakan olahraga yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. 8 gerakan tersebut harus dilakukan sebanyak 4 kali putaran. Lalu apa saja gerakan tersebut? berikut ini 8 gerakan olahraga untuk menurunkan berat badan.

8 Gerakan Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

  1. High knee

olahraga untuk menurunkan berat badan

Gerakan yang pertama yaitu high knees. Gerakan ini sangatlah mudah dilakukan, mulai lah dengan gerakan berlari di tempat. Kemudian mulai angkat paha kanan setinggi mungkin lalu ulangi secara berulang dengan kaki sebelahnya. Lakukan high knees selama 20 detik kemudian istirahat 10 detik untuk lanjut ke gerakan yang kedua.

  1. Burpees

Gerakan selanjutnya yaitu burpees. Posisi awal burpees yaitu berdiri, buka kaki selebar bahu. Setelah itu ubah menjadi posisi jongkok, letakkan kedua tangan pada lantai. Lakukan tendangan ke arah belakang hingga menjadi posisi push up. Lakukan push up, tarik kembali kaki Anda dan kembali pada posisi awal berdiri. Lakukan secara berulang selama 20 detik.

  1. Push up

olahraga untuk menurunkan berat badan

Setelah burpees istirahat selama 10 detik dan mulai lakukan gerakan push up. Push up merupakan gerakan basic workout yang sering dilakukan oleh setiap orang. Mulai dengan posisi tengkurap, posisikan badan lurus hingga berbentuk seperti garis. Arahkan kepala menghadap kedepan. Posisi kedua tangan berada lurus dengan bahu. Kemudian angkat badan dan turunkan badan. Lakukan selama 20 detik.

  1. Jump squat

Gerakan yang keempat yaitu jump squat. Jump squat merupakan gerakan workout yang diawali dengan posisi berdiri kemudian buka kedua kali selebar bahu. Letakkan tangan pada belakang kepala, lalu lakukan lompatan dan mendarat dengan posisi setengah jongkok hingga lutut menjadi menekuk. lakukan gerakan jump squat selama 20 detik kemudian istirahat 10 detik.

Baca Juga:  Cara Mencukur Bulu Ketiak Wanita yang Aman dan Dianjurkan

Gerakan lainnya :

  1. Pulse squat

olahraga untuk menurunkan berat badan

Pulse squat merupakan variasi dari gerakan squat. Sama halnya seperti basic squat, mulai lah dengan posisi berdiri kemudian buka kedua kaki selebar bahu. Turunkan badan dan setengah jongkok hingga posisi lutut membentu 90 derajat. Saat posisi setengah jongkok diamkan selama beberapa detik kemudian berdiri kembali. Lakukan secara berulang selama 20 detik.

  1. Mountain climber

Gerakan yang ke 6 yaitu mountain climber. Mulai lah dengan posisi push up. Kemudian tarik lutut kanan menuju dada, lakukan gerakan tersebut berulang dengan kaki kiri. Lakukan secara terus menerus seperti gerakan memanjat. Lakukan selama 20 detik dan istirahat 10 detik sebelum melanjutkan ke gerakan groiners.

  1. Jumping jacks

olahraga untuk menurunkan berat badan

Gerakan jumping jacks sering kali dilakukan pada saat pemanasan olahraga di sekolah. Rentangkan tangan ke bawah kemudian posisi awal kaki tertutup. Selanjutnya lakukan lompatan serta lebarkan kedua kaki dan angkat kedua tangan ke atas kepala. Lakukan gerakan tersebut selama 20 detik. 2 gerakan terakhir untuk olahraga untuk menurunkan berat badan secara cepat yaitu tricep dips.

  1. Tricep dips

Olahraga untuk menurunkan berat badan yang terakhir yaitu tricep dips. Mulai lah dengan posisi awal berdiri membelakangi kursi. Gunakan kedua lengan di belakang tubuh untuk menyangga. Tekuk lutut kemudian biarkan tumit untuk menyentuh lantai. Rendahkan tubuh dengan menekuk siku. Setelah itu lakukan gerakan untuk mengangkat tubuh.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Selulit Di Betis

8 gerakan tersebut harus dilakukan selama 20 detik. Kemudian istirahat selama 10 detik untuk melanjutkan ke gerakan selanjutnya. Setelah melakukan 8 gerakan tersebut istirahatlah selama 30 detik kemudian lakukan gerakan yang sama hingga mencapai 4 putaran. Jika Anda melakukan secara rutin gerakan tersebut disertai dengan mengatur pola hidup yang sehat maka berat badan akan mudah untuk turun. Selamat mencoba!

error: Content is protected !!