Featured Video Play Icon

9 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Berat Badan Tak Kunjung Turun

Sering kali saat kita telah berusaha keras melakukan diet akan tetapi hasilnya berat badan tetap tak kunjung turun. Setiap orang memilih cara yang berbeda-beda untuk melakukan diet. Tahukah Anda bahwa sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang dapat menjadi pemicu terjaidnya kegagalan proses diet. Hampir sebagian orang pernah melakukan kebiasaan tersebut sehingga berat badan pun tak kunjung turun. Berikut ini 9 kebiasaan buruk yang menyebabkan berat badan tak kunjung turun. Simak pembahasannya dibawah ini!

9 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Berat Badan Tak Kunjung Turun

1. Makan sebelum tidur

berat badan tak kunjung turun

Kebiasaan buruk yang pertama yaitu makan malam sebelum tidur. Salah satu kebiasaan buruk orang-orang yaitu makan di saat telah larut malam hal tersebut bukan karena lapar akan tetapi karena kebiasaan sehari-hari. Tak sedikit orang juga makan di malam hari dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori. Jika Anda tetap ingin makan malam maka konsumsilah jenis makanan seperti buah-buahan.

2. Pola tidur yang buruk

Pola tidur yang buruk dapat mempengaruhi kegagalan proses diet Anda. Saat seseorang mempunyai pola tidur yang buruk maka tubuh seseorang akan memproduksi hormone dengan tidak seimbang. Hal tersebut akan menyebabkan tubuh merasa hanya akan puas apabila makan, dengan begitu berat badan tak kunjung turun. Untuk itu buatlah jadwal tidur agar pola tidur Anda menjadi teratur.

3. Ngemil

berat badan tak kunjung turun

Kebiasaan buruk yang ketiga adalah ngemil. Sering kali saat kita mempunyai waktu luang, kita hanya menghabiskan waktu dengan merebahkan diri di sofa atau bahkan sekedar menonton TV. Nah pada saat itulah pastinya kita ingin sekali ngemil. Cemilan yang dimakan biasanya makanan yang tinggi akan kalori. Bahkan suatu penelitian menyebutkan bahwa orang yang menghabiskan waktu dengan menonton TV atau merebahkan diri di sofa mengkonsumsi 50% kalori lebih banyak dari orang yang melakukan aktivitas. Untuk itu hindari bermalas-malasan dan jika ingin ngemil konsumsilah buah-buahan.

Baca Juga:  7 Menu Makan Diet agar Berat Badan Turun dalam Seminggu

4. Stress

Stress merupakan salah satu faktor yang menyebabkan berat badan naik. Selain itu stress juga sangat tidak baik untuk kesehatan seseorang. Ketika Anda merasakan stress sering kali kita melampiaskan emosi terhadap makan, sehingga makan pun menjadi lebih banyak dari biasanya. Kadang kala ketika kita stress kita menjadi sering mengkonsumsi makanan seperti coklat, permen dan makanan tinggi kalori lainnya. Untuk itu ketika Anda stress coba konsumsi buah-buahan dan air putih.

5. Makan dengan terburu-buru

berat badan tak kunjung turun

Makan dengan terburu-buru maksudnya yaitu makan dengan cepat tanpa banyak mengunyah. Tahukah Anda bahwa dengan mengunyah dalam waktu lama akan membuat Anda menjadi lebih lama kenyang. Ketika makan lakukan kunyahan secara perlahan, jangan terlalu cepat untuk mengunyah. Biasakan untuk makan dalam waktu dua puluh menit.

Penyebab lainnya :

6. Tidak melakukan aktivitas

Salah satu faktor yang menyebabkan berat badan naik yaitu bermalas-malasan. Ketika kita tidak banyak beraktivitas hanya duduk, tidur, menonton TV, makan hal tersebut sangat berpengaruh terhadap berat badan. Buatlah kegiatan atau aktivitas agar terhindar dari sifat malas-malasan.

Baca Juga:  5 Macam Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawatnya

7. Melewatkan waktu sarapan

berat badan tak kunjung turun

Beberapa orang beranggapan bahwa sarapan menjadi pemicu utama program diet gagal. Namun tahukan Anda bahwa melewatkan sarapan justru akan membuat berat badan mudah naik. Makanan yang dikonsumsi di pagi akan mengaktifkan proses metabolism dalam tubuh. Jika metabolism tidak berjalan dengan baik maka kalori tidak akan mudah terbakar. Untuk itu biasakan untuk sarapan dan konsumsilah jenis makanan yang kaya akan protein.

8. Garam yang berlebihan

Mengkonsumsi banyak garam merupakan hal yang tidak baik untuk berat badan. Ketika kita banyak mengkonsumsi garam maka akan menyebabkan retensi cairan. Terlalu banyak cairan pada tubuh akan berdampak pada tekanan darah. Untuk itu bumbui makan Anda dengan sedikit garam.

9. Mengkonsumsi air putih yang kurang

berat badan tak kunjung turun

Air putih merupakan salah satu komponen yang dapat membantu menurunkan berat badan. Para ahli merekomendasikan agar kita mengkonsumsi air putih setidaknya 2 liter dalam sehari. Mengkonsumsi air putih yang cukup akan membuat sistem pencernaan menjadi lancar, selain itu tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Mengkonsumsi air putih yang cukup juga sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Nah itulah 9 kebiasaan buruk yang menyebabkan berat badan tak kunjung turun. Untuk itu pastikan agar Anda menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Konsumsilah air putih yang cukup, hindari stress dan juga atur pola tidur secara teratur. Semoga artikel ini bermanfaat.

error: Content is protected !!