Alasan Kulit Kepala Mengelupas Seperti Ketombe

Alasan Kulit Kepala Mengelupas Seperti Ketombe

Mengalami kulit kepala yang mengelupas seakan seperti ketombe? Jika iya, mungkin ada yang salah dari perawatan rmabut yang anda jalani. Kondisi kulit kepala yang mengelupas ini tentu akan sangat menganggu dan membuat kepercayaan diri menjadi menurun. Untuk itulah, kondisi seperti ini harus segera diatasi agar jangan sampai malah bertambah parah. Namun sebelum mencari cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, sangat tepat rasanya jika anda memahami apa alasan kulit kepala mengelupas seperti ketombe.

Alasan Kulit Kepala Mengelupas Seperti Ketombe

  • Penyakit Psiorasis dan Kurap Di Kulit Kepala

Salah satu hal yang menyebabkan alasan kulit kepala mengelupas seperti ketombe adalah penyakit psiorasis. Penyakit ini merupakan kondisi proses pembentukan kulit kepala yang terjadi berlangsung dengan cepat. Sehingga membentuk bercak-bercak tebal kemerahan, dimna bagian kemerahan ini dapat tertutupi serpihan dan sisik yang berwarna keperakan. Kondisi seperti ini lah yang menyebabkan kulit kepala menjadi terkelupas. Dan tak hanya psoriasis, kondisi kurap yang terjadi pada kulit kepala juga bisa menyebabkan kulit kepala mengelupas. Kurap terjadi akibat hasil infeksi jamur yang berasal dari sekitar lingkungan. Kondisi kurap menybabkan inflamasi atau ruam yang pinggirannya dapat terasa menonjol dan kemerahan mirip seperti cacing. Kurap yang terdapat pada kulit kepala dinamakan sebagai tinea capitis dalam bidang medis. Dan gejala yang dirasakan adalah kulit kepala yang bersisik dan gatal.

  • Efek Samping Penggunaan Produk Perawatan Rambut

alasan kulit kepala mengelupas seperti ketombe

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan kulit kepala mengelupas seperti ketombe adalah efek samping dari penggunaan produk-produk perawatan rambut anda. Bahan kimia yang ada di dalam produk perawatan rambut ini lah yang menyebabkan kondisi tersebut terjadi pada kulit kepala anda. zat-zat kimia inilah yang menyebabkan munculnya iritasi dan memicu pengelupasan pada kulit kepala. Kondisi seperti ini juga menjadi efek samping dari penggunaan vitamin rambut maupun bahan lainnya seperti shampoo, minyak rambut, conditioner, dan lainnya.

  • Penggunaan Rinso Pada Proses Perawatan Rambut

Rinso adalah salah satu bahan yang digunakan saat ingin meluruskan rambut yang keriting. Bahan ini seringkali digunakan pada perawatan rambut. Namun sayangnya, sifat rinso yang korosif membuatnya dapat mengiritasi kulit kepala jika digunakan berlebihan serta tidak dibersihkan dengan benar. Kulit kepala yang iritasi bisa menyebabkan terjadinya pengelupasan kulit kepala. Selain dapat menyebabkan kondisi tersebut, penggunaan rinso yang berlebihan ini juga bisa menyebabkan bengkak, inflamasi, gatal, luka melepuh, hingga muncul sensasi terbakar.

Baca Juga:  Produk Pengecil Pori Pori Wajah

Alasan lainnya yang dapat menyebabkan ketombe

  • Dehidrasi Dan Paparan Sinar Matahari

Kondisi kulit kepala yang kering diakibatkan dehidrasi serta paparan sinar matahari juga menjadi salah satu penyebab mengapa kulit kepala mengelupas seperti ketombe. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menjaga rambut dan kulit kepala dengan pelindung agar tidak terkena paparan sinar matahari yang berlebihan. Selain itu jaga agar kebutuhan minum tercukupi setiap harinya.

Nah jika anda mengalami hal semacam ini, maka segera hentikan pemakaian produk-produk perawatan yang anda gunakan. Jangan pula menggunakan conditioner hingga pada lapisan kulit kepala. Bisa saja kandungan bahan kimia di dalamnya yang menyebabkan alasan kulit kepala mengelupas seperti ketombe. Anda bisa beralih menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan rambut, misalnya saja seperti minyak kelapa. Jika kondisi kian memburuk, maka anda bisa berkonsultasi pada dokter atau pakar rambut untuk bisa mengatasi permasalahan ini dengan segera. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda.

error: Content is protected !!