Cara Membedakan Jenis Kulit Wajah

Cara Membedakan Jenis Kulit Wajah

Sudah tahu apakah jenis kulit wajah anda? apakah berminyak? Kering? Atau berjerawat? Jika anda belum mengetahuinya, maka saatnya anda untuk mencari tahu. Mengenali jenis kulit wajah adalah hal yang sangat penting, sehingga bisa membantu anda untuk memilih produk dan perawatan kulit wajah yang tepat. Seperti kulit pada umumnya, jenis kulit wajah dapat terbagi menjadi 4 kategori, yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit wajah sensitive. Sebagian orang juga mempunyai jenis kulit kombinasi pada area berbeda. Jenis kulit wajah tergantung pada faktor-faktor tertentu, seperti kandungan minyak yang berpengaruh pada kelembutan kulit, kandungan air yang mempengarugi keelastistas kulit, dan masih banyak lainnya. untuk mengetahui cara membedakan jenis kulit wajah, anda bisa melakukan cara di bawah ini.

Cara Membedakan Jenis Kulit Wajah

1. Bersihkan Wajah

cara membedakan jenis kulit wajah

Cara membedakan jenis kulit wajah. Pertama-tama bersihkan wajah anda seperti biasanya. Tak ada cara khusus dalam tahapan ini, namun ingat jangan gunakan air panas untuk mencuci wajah sehingga tidak akan merusak kulit. Gunakan saja air dengan bersuhu normal dan setelah itu biarkan wajah mengering ataupun anda bisa menepuk-nepuk menggunakan handuk agar menyerap sisa air yang masih tersisa. Setelah cuci muka selesai, jangan menggunakan toner, pelembab, maupun skincare apapun. tunggu sekitar 30 menit agar bisa melihat bagaimana kondisi kulit wajah anda nantinya.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Kutu dan Ketombe

2. Tekan Tisu Atau Blotting Paper Pada Wajah

cara membedakan jenis kulit wajah

Setelah kurang lebih 30 menit, anda bisa menekan wajah anda dengan perlahan menggunakan tisu ataupun blotting paper. Anda bisa memulainya dari T-zone, yaitu pada daerah dagu, hidung, dahi dan kemudian ke area wajah lainnya. setelah itu anda bisa melihat seberapa banyak minyak yang menempel pada wajah anda.

3. Perhatikan Minyak Pada Blotting Paper Atau Tisu

cara membedakan jenis kulit wajah

Jika anda melihat adanya minyak pada seluruh wajah, maka dapat dipastikan jika jenis kulit anda adalah berminyak. Namun jika minyak hanya ada pada daerah T-zone, menunjukkan jika kondisi kulit anda cenderung kombinasi. Jika kulit anda termasuk normal, maka kulit akan terasa lembab dan anda hanya menemukan sedikit minyak yang menyerap pada blotting paper. Namun berbeda jika jenis kulit anda kering, maka tidak ada minyak yang menempel pada wajah dan kulit terasa tertarik.

4. Perhatikan Pori-Pori

cara membedakan jenis kulit wajah

Selain melihat kadar minyak yang ada pada wajah, cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melihat pori-pori wajah. setelah mencuci wajah dengan benar, maka berkacalah pada cermin dan lihat kondisi pori-pori wajah anda. jika pori-pori wajah terlihat besar serta permukaan kulit wajah tampak terlihat seperti kulit jeruk, maka dapat ditunjukkan jika jenis kulit anda adalah berminyak. Sebaliknya jika tidak ada pori-pori wajah yang terlihat maka jenis kulit anda adalah kering. Namun jika hanya terlihat pori-pori wajah yang besar di bagian T-zone dan tidak tampak pada pipi, maka menunjukkan jika kulit anda termasuk jenis kombinasi. Akan tetapi jika ciri-ciri diatas tidak terdapat pada kulit anda, maka kulit anda adalah tipe normal.

Baca Juga:  Beberapa Produk Salep Untuk Menghilangkan Stretch Mark

Jenis Kulit Sangat Berpengaruh Terhadap Jenis Skincare

Bagaimana? Mudah bukan untuk mengetahui jenis kulit anda? dengan mengetahui tipe kulit wajah anda, maka nantinya akan mempermudah anda menemukan produk serta cara perawatan yang tepat untuk tipe kulit anda. sehingga nantinya anda tidak menggunakan produk yang tidak tepat yang menyebabkan permasalahan pada kulit wajah. namun jika anda masih tidak yakin dengan tipe kulit wajah anda, maka cara terbaik adalah dengan berkonsultasi ke dokter kulit. Semoga informasi cara membedakan jenis kulit wajah diatas bisa bermanfaat untuk anda.

HLB LM
error: Content is protected !!