Featured Video Play Icon

Cara Membuka Pori Pori Wajah dengan Bahan Alami

Jerawat yang ada di wajah terkadang masih saja muncul meski sudah dibersihkan secara rutin. Kondisi ini terjadi salah satunya karena pori-pori wajah yang tersumbat oleh sebum dan kotoran di wajah yang kemudian terinfeksi bakteri sehingga membuatnya merah dan meradang. Inilah mengapa sangat penting untuk membuka pori-pori wajah untuk membersihkannya dari sisa-sisa kotoran dan juga sebum yang menumpuk di kulit wajah. Tetapi cara membuka pori pori wajah tidak boleh sembarangan, salah-salah justru menimbulkan masalah baru di wajah.

Penasaran bagaimana cara yang aman untuk membuat pori-pori terbuka? Yuk intip sampai selesai.

Cara membuka pori pori wajah :

  1. Gunakan Uap Air Hangat

cara membuka pori pori wajah

Untuk membuat pori-pori wajah terbuka sebetulnya cukup mudah, misalnya dengan memanfaatkan uap air panas salah satunya. Caranya sangatlah mudah dan praktis,

  • Didihkan air kurang lebih 1 liter, setelah mendidih angkat dan letakan air panas tersebut ke dalam baskom.
  • Kemudian hadapkan wajah secara langsung di atas baskom berisi air panas tersebut sambil ditutup dengan handuk kering dan bersih ke atas kepala. Hal ini agar uap panas bisa langsung mengenai kulit dan merangsang pori-pori kulit terbuka.
  • Tunggu beberapa saat hingga uap panas benar-benar meresap ke kulit dan membuatnya hangat.

Setelah itu Anda bisa melanjutkan untuk melakukan ekfoliasi pada kulit wajah. Untuk melakukannya Anda bisa menggunakan scrub yang banyak diperjual-belikan secara bebas di toko-toko kosmetik, atau membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami. Misalnya dengan scrub dari buah nanas atau pun papaya yang merupakan eksfoliator alami.

  1. Gunakan Kompres Hangat
Baca Juga:  Makanan Sehat Untuk Orang Diet Kulit Halus dan Sehat

cara membuka pori pori wajah

Selain menggunakan uap air hangat, cara membuka pori pori wajah juga bisa dilakukan dengan cara yang lain. Seperti menggunakan kompres hangat pada wajah dengan bantuan kain yang dicelupkan ke air hangat sebelumnya.

Cukup siapkan air hangat, jangan gunakan air mendidih karena jika terlalu panas bisa saja melukai kulit wajah, karenanya gunakan air hangat suam-suam kuku saja. Lalu pilih kain yang bersih kemudian rendam dalam air hangat tersebut selama beberapa saat.

Peras kain tersebut hingga airnya berkurang tetapi jangan sampai terlalu kering sebab nanti hangatnya hilang. Kemudian tutupkan kain tersebut hingga menutupi seluruh wajah, biarkan selama beberapa saat hingga wajah terasa hangat.

Karena rasa hangat yang ada pada kain tersebut akan merangsang pori-pori wajah terbuka. Jika rasa hangatnya mulai berkurang, celupkan kembali kain tersebut ke air hangat tadi lalu peras kembali dan letakan kembali ke wajah. Ulangi 3 hingga 4 kali agar pori-pori wajah benar-benar terbuka.

Setelahnya lakukan eksfoliasi secara menyeluruh pada wajah untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan juga kotoran yang menempel di wajah.  Lalu bilas dengan air dingin agar membantu pori-pori yang tadinya terbuka kembali menutup.

Baca Juga:  Tiga Cara Menutup Pori Pori di Wajah dengan Mudah dan Cepat

Gunakan bahan bahan alami

  1. Gunakan Baking Soda

cara membuka pori pori wajah

Selain menggunakan air hangat, Anda juga bisa memanfaatkan baking soda untuk membuat pori-pori terbuka. Ini karena kandungan bahan aktif di dalamnya yang mampu membuat kulit menjadi lebih lembut sehingga pori-pori kulit wajah gampang terbuka untuk dilakukan pembersihan wajah secara menyeluruh.

Pertama-tama siapkan baking soda sebanyak dua sendok makan lalu tambahkan air jeruk nipis sebanyak satu sendok makan. Aduk sampai tercampur rata, baru kemudian usapkan ke wajah. Lalu gosok perlahan dengan lembut di seluruh wajah.

Kemudian bilas sampai wajah bersih dari sisa-sisa scrub baking soda yang masih menempel. Supaya hasil yang diperoleh lebih maksimal, lakukan minimal satu kali seminggu.

Demikian tips bagaimana cara membuka pori pori wajah untuk mengangkat sel-sel mati maupun kotoran yang tertinggal di wajah. Membuka pori-pori wajah memang penting tetapi jangan sampai menggunakan cara-cara yang kurang higienis sebab dapat mengakibatkan infeksi pada wajah.

Selamat mencoba!

error: Content is protected !!