Featured Video Play Icon

Cara Mengangkat Komedo di Hidung

Komedo pada umumnya muncul di bagian muka dengan adanya bintik kecil berwarna gelap. Pada umumnya akan terlihat seperti jerawat akan tetapi komedo lebih ringan dan berwarna gelap. Komedo yang berwarna gelap terbentuk dari pigmen melanin (yang dihasilkan sel-sel kulit) yang sudah kena paparan udara atau sinar matahari sehingga mengalami proses oksidasi. Pastinya anda sudah mengetahui bahwa komedo paling sering muncul di hidung, dagu, sekitar bibir, dan sekitar telinga. Bukan hanya itu saja komedo juga bisa muncul di punggung, leher, lengan, bahu, bahkan dada. Hal ini dikarenakan ada beberapa banyak folikel rambut di daerah tersebut.  yang mana rambut tumbuh dari folikel rambut yang terletak di pori-pori. Tentunya ada kelenjar khusus yang menghasilkan sebum atau minyak alami kulit di bawahnya. Pada waktu pori – pori ini tersumbat oleh sebum dan sel-sel kulit mati. Maka sel kulit mati yang berada di pori-pori tersebut dapat bereaksi dengan oksigen dan berubah warna menjadi hitam. Dan bila kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat ini menutup maka sel kulit mati tidak bereaksi dengan oksigen dan akan berwarna putih. Hal kedua tersebut sama-sama disebut komedo.

Mengapa komedo bisa muncul ?

Biasanya komedo timbul akibat kotoran yang terjebak di pori-pori kulit. Hal seperti ini akan terjadi jika Anda termasuk orang yang jarang membersihkan muka tentu utamanya setelah Anda menggunakan makeup. Perlu anda ketahui sebenarnya ada dua faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya komedo pada wajah yaitu usia dan perubahan hormon. Komedo ini akan sering muncul saat pubertas akibat peningkatan hormon pada saat ini yang dapat memicu produksi minyak di bawah kulit. Selain itu adapun  produksi hormon androgen yang meningkat saat pubertas  pada setiap gender yang mana akan memicu produksi minyak atau sebum dan sel kulit mati lebih banyak. Tetapi perubahan hormon rupanya tak hanya terjadi saat pubertas saja, tapi juga saat menstruasi, kehamilan, dan saat menggunakan pil KB.

Baca Juga:  Shampo Untuk Meluruskan Rambut

Umumnya komedo yang akan dibiarkan tentu berkembang menjadi jerawat.  Hal ini karena penyumbatan di pori-pori kulit membuat minyak terus menumpuk di bawah kulit. Selain itu pemicu lainya adalah wajah yang kotor, berminyak, dan kebiasaan memegang wajah membuat kuman mudah menempel di kulit. Hal demikianlah yang kemudian membuat pori-pori kulit yang tersumbat menjadi iritasi dan membesar. Lambat laun maka  pori – pori kulit tersebut akan pecah kemudian sel darah putih masuk dan pori-pori menjadi merah dan bengkak. Hal inilah yang menjadikan terbentuknya jerawat. Lalu bagaimana cara mengangkat komedo di hidung ? Simak penjelasannya di bawah ini :

Baca Juga:  Cara Menyembuhkan Bibir Pecah Pecah dan Kering dengan Tepat

Cara Mengangkat Komedo di Hidung

  • Anda harus menyiapkan sebuah mangkuk kecil
  • Isilah mangkuk tersebut dengan satu sendok the air, satu sendok makan soda kue bubuk dan pasta gigi secukupnya

  • Aduk dengan rata sehingga tekstur agar sedikit encer tetapi jangan terlalu encer
  • Jika dirasa kurang encer tidak ada salahnya jika anda menambah satu sendok the air lagi
  • Aduk secara merata
  • Siapkan handuk yang telah di celupkan ke air hangat.
  • Tap – tap handuk ke hidung anda.

cara mengangkat komedo di hidung

  • Cara mengangkat komedo di hidung dengan mengaplikasikan masker alami yang sudah anda buat tersebut ke hidung anda yang berkomedo

cara mengangkat komedo di hidung

  • Gosok hidung yang masih di lapisi masker dengan menggunakan sikat gigi

  • Setelah itu jika sudah, anda bersihkan masker dengan menggunakan handuk hangat tersebut
  • Pencetlah komedo dengan menggunakan tangan yang dilapisi handuk.

Cara mengangkat komedo di hidung digunakan agar pori –pori komedo akan membuka sehingga mudah untuk di keluarkan saat di tekan.

error: Content is protected !!