Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Ladies, apakah anda nyaman berbicara dengan seseorang jika nafasnya bau ? Tentu anda jadi tidak berkonsentrasi pada topik pembicaraan karena merasa terganggu dengan bau mulut lawan bicara. Bagaimana jika bau mulut itu terjadi pada anda ? Bau mulut memang tidak menyenangkan dan membuat kita tidak percaya diri saat berbicara. Namun Ladies tidak usah khawatir karena cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang banyak macamnya jika anda rutin membersihkan mulut dengan baik dan benar, mengunjungi dokter gigi, dan mengesampingkan beberapa hal yang seringkali mendasari bau mulut seperti penggunaan obat-obatan, karena diet tertentu atau karena makanan tertentu. Untuk membantu mengatasi masalah gigi dan mulut yang anda alami, kini flamingoid.com akan memberikan beberapa cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang yang bisa anda coba sekarang juga. Yuk kita simak.

  1. Jaga kebersihan mulut dan gigi

cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang

Cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang yang paling dasar adalah dengan sikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari atau sikat gigi 1 jam setelah makan. Ini dapat membantu menghilangkan plak dan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

  1. Menggunakan obat kumur

cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang

Menggunakan obat kumur anti bakteri juga ampuh untuk membunuh bakteriĀ  dan menghilangkan plak pada gigi. Lakukanlah setiap bangun tidur ataupun sebelum tidur. Karena bakteri didalam mulut akan berkembangbiak pada saat kita tidur dan menyebabkan bau tak sedap ketika kita bangun tidur.

  1. Rajin mengkonsumi buah
Baca Juga:  Merk Masker yang Cocok Untuk Kulit Kering

cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang

Mengkonsumsi buah juga merupakan salah satu dari cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang. Kandungan nutrisi di dalam buah sangat ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri pada mulut, dengan konsumsi buah secara rutin maka kesehatan mulutpun akan terjaga. Buah-buah yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  • Stroberi: Buah ini mengandung vitamin C yang dapat mengatasi bau mulut.
  • Lemon: Lemon mempunyai kandungan vitamin C tinggi, Lemon juga mengandung zat anti-bakterial.
  • Buah Pir: Tekstur nya yg renyah dan agak kasar ketika mengunyahnya efektif untuk menghilangkan karang gigi penyebab bau mulut.
  • Jambu Biji: kandungan likopen pada jambu biji ampuh meminimalisir bau mulut tak sedap akibat penyakit kanker
  1. Menggunakan benang gigi

cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang

Menggunakan benang gigi bertujuan untuk menyempurnakan penggosokan gigi yang telah dilakukan sebelumnya. Selain itu, penggunaan benang gigi secara teratur akan mencegah pembentukan karang gigi. Terdapat 500 jenis bakteri yang terdapat pada mulut yang tentunya dengan membiasakan membersihkan gigi menggunakan benang gigi setelah menggosok gigi akan mencegah datangnya bekteri penyebab bau mulut.

  1. Membersihkan lidah

cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang

Campuran air liur dan bakteri pada lidah akan menempel menjadi satu dan membentuk lapisan. Untuk menghilangkan lapisan tersebut tidaklah cukup dengan membilasnya dengan air atupun mengunakan obat kumur saja. Pada saat berkumur, hanya lapisan terluar saja yang ikut tersapu, namun bakteri dibawahnya masih tetap menempel di permukaan lidah. Cara terbaik untuk membersihkan lapisan tersebut adalah dengan mengikisnya menggunakan alat khusus pembersih lidah. Dengan mengikis bakteri dan racun yang membentuk lapisan pada lidah tersebut anda dapat mencegah timbulnya bakteri penyebab bau mulut.

  1. Mengkonsumsi air putih
Baca Juga:  Cara Mengatasi Gigi Kuning dan Bau Mulut

cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang

Konsumsi air putih minimal 8 sampai 10 gelas per hari. Kondisi mulut yang kering dapat memicu timbulnya bau mulut.Hal ini dikarenakan mulut yang kering akan meningkatkan pertumbuhan bakteri. Air putih akan membuat mulut tetap lembap dan mencairkan konsentrasi bakteri di dalam mulut. Untuk mengurangi bau mulut sebaiknya juga mengurangi konsumsi kopi , karena kopi dapat meninggalkan zat yang dapat menghalangi oksigen masuk dalam rongga lidah dan menjadi wadah yang sempurna untuk pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut tersebut. Oleh karena itu ada baiknya untuk memperbanyak konsumsi air putih untuk pencegahan bau mulut.

 

error: Content is protected !!