Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi Berlubang

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi Berlubang

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang penting karena fungsinya untuk menggigit, menghancurkan dan mengunyah makanan sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Di samping itu gigi juga berpengaruh terhadap kemampuan seseorang untuk berbicara. Pertumbuhan gigi dimulai sejak bayi dan berhenti saat dewasa, ketika masa pertumbuhan kamu pasti pernah mengalami masa pergantian gigi dimana gigi susu akan lepas dan diganti dengan tumbuhnya gigi permanen. Jumlah gigi juga akan bertambah seiring dengan usia hingga akhirnya saat dewasa akan berhenti pertumbuhannya, dimana jumlah gigi yang maksimal bertumbuh memiliki jumlah 32 buah. Oleh karena fungsinya yang penting maka kesehatan gigi harus dirawat dan dijaga dengan cara menggosok gigi minimal dua kali sehari dan jangan lupa kontrol ke dokter gigi secara rutin 6 bulan sekali untuk terus mengetahui keadaan gigi.

Mengetahui kondisi gigi

Hal yang akan terjadi apabila kesehatan gigi tidak dijaga adalah terjadinya gigi berlubang. Kondisi ini terjadi karena bagian luar gigi (enamel) terkikis hingga ke dalam gigi (dentin) sehingga membentuk lubang. Pemicu dari gigi berlubang adalah menumpuknya bakteri di dalam mulut, konsumsi makanan manis yang berlebihan dan karena tidak menjaga kebersihan mulut. Gigi yang berlubang harus segera ditangani oleh dokter, jika tidak malah meningkatkan resiko infeksi yang tentunya berdampak buruk. Gejala gigi berlubang ditandai dengan rasa sakit pada gigi ketika makan atau ketika daerah sekitar gigi tertekan, rasa sakit ini sebenarnya dapat diatasi. Oleh karena itu jika hal ini terjadi maka kamu bisa mempraktekkan cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang berikut ini:

Baca Juga:  5 Krim Penghalus Wajah Rekomendasi Terbaik Untuk Anda

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi Berlubang

  • Berkumur dengan air garam

Saat rasa sakit gigi melanda pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah berkumur dengan air garam. Cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang ini sangat mudah dilakukan mengingat setiap rumah pasti memiliki stok garam. Berkumurlah dengan air garam selama 30 detik lalu buang. Garam ini bermanfaat sebagai desinfektan yang meredakan peradangan pada gigi dan gusi.

  • Minum obat pereda nyeri

Hal lainnya yang dapat dilakukan ketika mengalami sakit gigi adalah meminum obat untuk meredakan rasa nyeri pada gigi. Jenis obat yang dapat dikonsumsi adalah ibuprofen atau diclofenac. Saat mengonsumsi obat ini tentu kamu harus berdasarkan resep dokter untuk mencegah ketergantungan dan hal yang tidak berkenan lainnya.

  • Menghindari makanan yang memicu rasa sakit

cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang

Pemicu dari rasa sakit gigi adalah makanan. Dengan demikian kamu harus menghindari makanan yang terlalu panas atau dingin. Usahakan makan makanan yang lembek seperti bubur atau roti. Makanan yang keras justru akan menambah rasa sakit pada gigi.

  • Berobat ke dokter gigi

cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang

Langkah terakhir yang dilakukan untuk cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang adalah berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menentukan tindakan selanjutnya. Dokter dapat menyarankan beberapa tindakan sesuai dengan masalah gigi berlubang yang dialami. Beberapa tindakan tersebut adalah filling yaitu menambal bagian yang berlubang, crowning yakni menambal bagian gigi yang rusak dengan mahkota buatan gigi buatan. Tindakan lainnya adalah root canal dan yang menjadi opsi terakhir apabila kerusakan gigi tidak dapat diperbaiki adalah dengan mencabutnya.

error: Content is protected !!