Cara Menurunkan Berat Badan dengan Menghitung Jumlah Kalori

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Menghitung Jumlah Kalori

Mempunyai berat badan ideal merupakan impian bagi setiap orang. Sehingga tak heran jika berbagai cara dilakukan orang-orang untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Mulai dari cara instant hingga berbagai diet dilakukan. Salah satu solusi terbaik untuk mempunyai berat badan yang ideal yaitu dengan melakukan diet sehat dan mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan maka hal tersebut akan sangat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan. Untuk itu berikut ini cara menurunkan berat badan dengan menghitung jumlah kalori.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Menghitung Jumlah Kalori

1. Menghitung laju metabolism basal

cara menurunkan berat badan

Cara yang pertama yaitu menghitung laju metabolisme basal. Laju metabolisme basal dapat menjadi referensi berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh seseorang. Dengan mengetahui jumlah laju metabolisme maka Anda dapat mengetahui jumlah kalori dengan begitu Anda dapat mengetahui cara menurunkan berat badan dengan mudah. Cara menghitungnya yaitu 66,47 + (12,7 x berat badan) + (5 x tinggi badan [cm]) – (6,8 x usia) untuk laki-laki. Sedangkan untuk wanita yaitu 655,1 + (9,6 x berat badan) + (1,8 x tinggi badan[cm]) – (4,7 x usia).

2. Menghitung total kebutuhan kalori

cara menurunkan berat badan

Cara yang kedua yaitu menghitung total kebutuhan kalori. Jika Anda ingin menurunkan badan dengan cepat maka caranya yaitu kurangi 3500 kalori dalam waktu seminggu dengan begitu maka berat badan akan turun ½ kg dalam seminggu. Dengan begitu maka Anda harus mengurangi 500 kalori setiap harinya. Jangan terlalu berambisi untuk menurunkan berat badan dalam target yang lebih karena hal tersebut tentunya membahayakan untuk tubuh. Untuk mengurangi jumlah kalori maka Anda dapat mencoba diet sehat atau mengurangi porsi makan dari biasanya. Selain itu imbangi dengan berolahraga secara rutin.

Baca Juga:  Gerakan Workout untuk Menurunkan Berat Badan dalam 4 Minggu

3. Menghitung tingkat aktivitas

cara menurunkan berat badan

Selain menghitung jumlah laju metabolisme tubuh, Anda juga perlu menghitung jumlah aktivitas tubuh Anda. Caranya sangat mudah yaitu Anda terlebih dahulu harus menghitung jumlah laju metabolisme tubuh kemudian Anda dapat menghitung tingkat aktivitas Anda. Rumus menghitung tingkat aktivitas dibagi menjadi 5 kategori diantaranya yaitu duduk secara terus menerus, sedikit aktif, cukup aktif, sangat aktif dan ekstra aktif.

  • Duduk terus menerus yaitu BMR X 1,2
  • Sedikit aktif BMR X 1,375 (olahraga 1-3 kali/minggu)
  • Cukup aktif BMR X 1,55 (olahraga 3-5 kali/minggu)
  • Sangat aktif BMR X 1,725 (olahraga 6-7kali/minggu)
  • Ekstra aktif BMR X 1,9 (olahraga fisik atau olahraga keras setiap hari)
Baca Juga:  Cara Menghilangkan Kerutan Di Sekitar Mata

Menghitung jumlah kalori dengan benar

Contoh menghitung tingkat aktivitas misalkan diketahui seorang wanita mempunyai jumlah laju metabolisme 1366,8 kalori. Ia biasanya berolahraga secara rutin 6 kali seminggu maka wanita tersebut termasuk ke dalam kategori cukup aktif. Maka untuk mengetahui tingkat aktivitas nya BMR x 1,725 = 1366,8 x 1,725 = 2357,73 kalori. Jumlah tingkat aktivitas tersebut merupakan rata-rata kalori yang terbakar setiap harinya.

Setalah mengetahui laju metabolisme, jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga tingkat aktivitas maka ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membantu proses penurunan berat badan yaitu pantau terus jumlah kalori yang masuk setiap harinya. Selain itu Anda juga dapat membuat food journal untuk mengatur kalori yg akan masuk ke dalam tubuh dan terakhir lakukan timbang berat badan secara rutin. Jika Anda berhasil dengan cara menurunkan berat badan tetap lakukan kegiatan rutin yang biasa dilakukan pada saat diet agar berat badan Anda tetap stabil. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!