Featured Video Play Icon

Cara Merawat Gigi Berbehel

Cara Merawat Gigi Berbehel

Behel gigi atau kawat gigi merupakan alat medis yang digunakan pada gigi dengan tujuan untuk membuat susunan gigi menjadi lebih rapi. Sehingga tidak ada gigi yang bercelah, bertumpuk, terlalu mundur maupun terlalu maju. Sehingga behel gigi membuat susunan gigi bawah dan gigi atas memiliki bentuk gigi yang sempurna. Banyak orang yang menggunakan cara ini untuk merapikan gigi ataupun hanya sekedar dijadikan sebagai fashion semata. Hal ini tentunya akan memerlukan cara merawat gigi berbehel yang benar.

Namun sama halnya dengan gigi lain pada umumnya, memiliki gigi berbehel tentu saja membutuhkan perawatan. Bahkan perawatan yang dilakukan memang sedikit rumit bagi sebagian orang. Hal ini karena behel gigi bisa membuat gigi tampak kekuning-kekuningan, sehingga perawatan behel gigi memang membutuhkan waktu dan perhatian yang lebih untuk membersihkannya. Nah bagi anda pemilik gigi berbehel, berikut ini ada beberapa cara merawat gigi berbehel agar tetap ebrsih dan terawatt baik.

  1. Menggunakan Sikat Gigi Khusus

Cara Merawat Gigi Berbehel

Sama halnya dengan merawat gigi pada umumnya, merawat gigi berbehel juga perlu disikat rutin setiap harinya. Namun karena kondisi gigi yang berbehel, maka tentu saja sikat gigi yang digunakan juga khusus. Sikat gigi yang khusus untuk gigi berbehel memiliki ukuran yang kecil dengan bulu yang halus. Dalam sehari, minimal lakukan sikat gigi 2 kali ataupun sesudah mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis.

Baca Juga:  Selesai Keramas Rambut Seperti Singa

Untuk cara menyikat gigi yang baik adalah melakukannya secara horizontal dan vertikal sehingga semua kotoran yang menempel di sela-sela gigi dan kawat dapat bersih secara sempurna. Lakukan penyikatan gigi ini dalam 2 tahap. Tahap pertama tanpa menggunakan pasta gigi yang bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Dan yang kedua bersihkan dengan menggunakan pasta gigi. Namun jika anda menggunakan jenis behel “lepas pasang”, maka anda bisa melepaskan behel terlebih dahulu dan kemudian menyikat gigi seperti biasanya.

Cara Merawat Gigi Berbehel

  1. Dental Floss

Cara Merawat Gigi Berbehel

Karena sikat gigi terkadang kurang mampu untuk membersihkan hingga ke bagian-bagian yang tersulit pada gigi. Maka dokter biasanya menyarangkan untuk menggunakan benang gigi atau dental floss yang digunakan untuk membersihkan hingga ke celah-celah gigi untuk merawat gigi berbehel. Sehingga semua kotoran serta sisa-sisa makanan dapat bersih sempurna dan mencegah terbentuknya karang gigi dan plak. Kedua hal ini akan sangat beresiko bagi para pengguna behel jika tidak membersihkan gigi dengan baik.

Benang gigi ini bisa digunakan setelah anda mneyikat gigi. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu melepaskan benang di jari tengah. Pegang erat-erat ujungnya dnegan menggunakan jari telunjuk dan jempol. Setelah itu geser perlahan dengan gerakan ke atas dan bawah di sela-sela gigi. Dental floss ini bisa digunakan setiap harinya.

  1. Jangan Lupa Obat Kumur

Cara Merawat Gigi Berbehel

Cara Merawat Gigi Berbehel

Meskipun menggunakan behel, namun anda tetap harus menjaga kebersihan mulut. Hal ini karena penggunaan behel sangat beresiko membuat bakteri dan kuman tertumpuk pada gigi akibat sisa-sisa makanan yang belum bersih terangkat. Anda bisa menggunakan obat kumur untuk merawat gigi berbehel setelah selesai menyikat gigi. Obat kumur sangat bermanfaat untuk membersihkan mulut hingga menyeluruh.

Baca Juga:  Hal yang Perlu Anda Lakukan & Hindari Saat Memasang Bulu Mata Palsu

Cukup tuangkan obat kumur, tentunya sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Dan berkumurlah selama kurnag lebih 1 menit. Setelah itu keluarkan dari mulut anda dan jangan sampai tertelan. Gunakan secara rutin agar mulut tetap bersih dan segar sepanjang hari.

  1. Gunakan Wax Ortodonti

Jika terdapat ujung kawat yang menonjol hingga menusuk bagian gusi, maka gunakan Wax Ortodonti ini untuk mengatasinya. Kawat bisa bertambah panjang dikarenakan pergeseran gigi. Untuk sementara, anda bisa mengatasinya dengan cara menempelkan Wax Ortodonti. Namun jangan mencoba-coba untuk memperbaiki behel gigi anda sendiri. Untuk penanganan selanjutnya anda bisa langsung melakukan pengecekan ke dokter gigi anda.

Selain itu lakukan pengecekan rutin ke dokter gigi, minimal 4-6 minggu sekali. Cara-cara perawatan diatas tentunya harus anda lakukan secara rutin. Sehingga gigi behel yang anda gunakan tidak akan membuat masalah pada gigi anda dan gigi tetap terlihat bersih dan terawatt. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

error: Content is protected !!