Efek Samping Mencabut Atau Mencukur Bulu Ketiak

Efek Samping Mencabut Atau Mencukur Bulu Ketiak

Ketika seseorang sudah mulai memasuki usia pubertas maka hormon yang ada di dalam tubuh. Ada salah satu hormon yang memicu timbulnya rambut di area tertentu. Dan salah satu area yang menjadi tempat pertumbuhan rambut pada tubuh adalah ketiak. Bulu pada ketiak akan sangat menganggu untuk Anda yang sangat menyukai menggunakan pakaian terbuka utamanya atasan yang tidak ada lengannya. Mengapa demikian? Sebab ketika Anda menggunakan atasan seperti ini maka bulu ketiak akan terlihat dari luar dan tentu saja itu akan menjadi hal yang sangat memalukan. Belum lagi anggapan orang lain yang mengira Anda jorok atau tidak memperhatikan kebersihan sebab tidak mencukur bulu ketiak Anda.

Namun mencabut maupun mencukur bulu ketiak Anda bisa menyebabkan efek samping yang cukup serius untuk kesehatan. Karena bulu ketiak juga berfungsi sebagai pencegah bakteri yang masuk ke dalam kulit ketiak sehingga pasti akan ada efek burung yang di sebabkan karena bulu ketiak ini menghilang. Adapun efek samping mencabut atau mencukur bulu ketiak adalah sebagai berikut ini.

Efek Samping Mencabut Atau Mencukur Bulu Ketiak

  1. Kulit ketiak berubah menjadi hitam (hiperpigmentasi)

efek samping mencabut atau mencukur bulu ketiak

Mungkin pada awal Anda mencukur ataupun mencabut bulu ketiak maka ketiak Anda akan putih bersih dan tidak timbul masalah. Namun dalam jangka panjang maka akan muncul masalah baru di ketiak Anda dan salah satunya adalah kulit ketiak yang berubah warna menjadi hitam. Apalagi jika setelah Anda cukur tidak Anda rawat dengan deodoran maupun krim khusus untuk ketiak maka penghitaman di area ketiak Anda tadi. Pencabutan bulu ketiak  secara terus menerus bisa membuat sel warna pada area ketiak menjadi rusak dan munculah hiperpigmentasi yang membuat kulit ketiak Anda menghitam.

  1. Munculnya penyakit folikulitis

efek samping mencabut atau mencukur bulu ketiak

Efek samping dari menabut bulu ketiak selanjutnya adalah bisa menimbulkan folikulitis pada kulit ketiak Anda. Folikulitis adalah sebuah penyakit yang berbentuk gelembung putih dimana gelembung putih ini berisikan cairan pembuluh darah yang mati. Folikulitis sendiri bisa muncul ketika Anda mencabut secara paksa rambut atau bulu halus yang ada di sekitar kulit ketiak Anda. Sebab bulu halus ini bisa jadi adalah folikel dari kulit. Dimana jika di cabut secara paksa maka lapisan kulit tersebut akan rusak dan munculakn folikulitis. Penyakit folikulitis sendiri akan terasa sangat tidak nyaman bagi penderitanya karena Anda akan merasakan rasa gatal dan nyeri secara bersamaan.

Baca Juga:  Cara Mencukur Bulu Ketiak Agar Tidak Hitam Yang Wajib Anda Ketahui

Bahaya mencabut bulu ketiak

  1. In grown hair

In grown hair atau fenomena bulu ketiak yang justru tumbuh ke dalam kulit bukan keluar akan terjadi apabila Anda terlalu sering mencabut bulu ketiak yang Anda miliki. Pada kasus serius in grown hair bisa menimbulkan bahaya yang cukup fatal bagi kulit ketiak Anda. Di tandai dengan rasa gatal pada ketiak, lalu ketiak akan mulai bengkak dan selanjutnya terjadi infeksi yang parah pada ketiak Anda.

  1. Kulit ketiak menjadi iritasi

efek samping mencabut atau mencukur bulu ketiak

Bagi Anda yang baru pertama kali mencabut bulu ketiak maka Anda akan merasakan efek samping mencabut atau mencukur bulu ketiak yaitu rasa panas di kulit ketiak Anda. Ini di sebabkan karena kulit trauma sehingga rasa sakit akan muncul. Belum lagi iritasi yang bisa terjadi akibat tidak ada pelindung ketika Anda menggunakan deodoran.

Baca Juga:  Kuruskan Badan Dalam Seminggu di Rumah dengan Gerakan Ini

Nah itu tadi beberapa efek samping mencabut atau mencukur bulu ketiak yang harus Anda perhatikan.

error: Content is protected !!