Featured Video Play Icon

9 Gerakan Olahraga Mengecilkan Paha Sekaligus Betis yang Besar

Diakui atau pun tidak, memiliki paha yang besar membuat banyak wanita merasa kurang percaya diri. Terlebih lagi jika ingin memakai celana skinny jeans  atau yang mengekspos bentuk kaki dan betis. Sehingga tak heran apapun dilakukan untuk mendapatkan bentuk paha yang ramping, seperti dengan melakukan diet ketat misalnya. Tetapi sayangnya cara tersebut kurang efektif untuk membuat paha jadi lebih kecil, sebab harus diimbangi juga dengan olah raga yang tepat dan tertarget. Penasaran seperti apa gerakan olahraga mengecilkan paha yang efektif? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Gerakan olahraga mengecilkan paha :

  1. Leg Bends

Gerakan olahraga mengecilkan paha yang satu ini cukup sederhana yakni hanya dengan menekuk kaki secara berulang. Tapi jangan salah meski terlihat simpel, justru gerakan olah raga ini sangat efektif untuk melatih otot paha dan betis sekaligus.

Untuk memulai gerakan tersebut, cukup berbaring sambil menekuk lutut. Kemudian angkat kaki ke atas hingga lurus dan tekuk kembali secara bergantian dan berulang, dan masih tetap dalam posisi berbaring. Lakukan gerakan tersebut hingga 20 kali repetisi.

  1. Lying Down Squats

gerakan olahraga mengecilkan paha

Jika biasanya gerakan squat dilakukan sambil berdiri maka berbeda dengan lying down squats yang dilakukan sambil tiduran, meskipun begitu cara ini pun tak kalah efektif.

Masih dalam posisi berbaring lalu angkat kedua kaki ke atas dengan satu kaki berada di depan kaki yang lain. Kemudian tekuk kaki menyamping kearah luar, penting diingat ketika di tekuk ke bawah usahakan agar salah satu kaki memberikan penekanan pada kaki yang lainnya. Ulangi gerakan selama 10 kali repetisi dalam 2-3 set latihan.

  1. Ballet Move
Baca Juga:  Olahraga yg Mengecilkan Paha , Harus Anda Tiru !

Seperti namanya, gerakan ini sedikit mengadopsi gerakan ballet untuk membantu membuat paha dan betis agar lebih kecil dan ramping. Pertama berbaringlah miring dengan kepala diangkat dan ditahan seolah mengambang. Kaki lurus dengan tangan berada disamping tubuh.

Tekuk salah satu kaki lalu diangkat ke atas, kemudian turunkan dalam posisi menekuk lalu luruskan. Ulangi gerakan hingga 10 kali repetisi untuk setiap kaki dalam 3-4 set latihan.

  1. Seashell

gerakan olahraga mengecilkan paha

Gerakan seashell ini mirip seperti gerakan kerang yang membuka dan menutup. Sangat efektif untuk merangsang pergerakan otot-otot paha dan membuatny jadi lebih ramping. Mulailah dengan posisi berbaring miring sambil menekuk lutut dengan posisi kepala mengambang.

Lalu buka kaki yang ditekuk tersebut kemudian tutup kembali, lakukan secara berulang selama 10 sampai 15 kali repetisi dalam 3-4 set latihan.

Mengecilkan paha dan betis :

  1. Side Ways Leg Spreads

Gerakan ini memaksimalkan otot-otot paha bagian dalam dan membuatnya berkontraksi, sehingga membuatnya jadi lebih ramping.

Masih dalam posisi berbaring dengan kedua tangan berada disamping tubuh, angkat kedua kaki ke atas lalu buka lebar-lebar kemudian tutup kembali. Ulangi gerakan tersebut 10 sampai 15 kali repetisi dalam 3-4 set latihan.

  1. Leg Bends Lying Down

gerakan olahraga mengecilkan paha

Gerakan ini efektif untuk melatih otot-otot paha dan betis bagian belakang. Ambilah posisi berbaring tengkurap dengan posisi tanga berada di samping tubuh dan pandangan lurus ke depan.

Lalu kedua kaki ditekuk ke belakang secara bersamaan dan ulangi sampai 15 kali repetisi dalam 3-4 set latihan.

  1. Rear Tigh Muscle
Baca Juga:  Cara Mengobati Rambut Kering

Latihan ini merupakan gerakan stretching yang membantu otot-otot paha jadi lebih rileks dan berkontraksi untuk meningkatkan pergerakan otot.

Posisikan tubuh berbaring, lalu tekuk kaki ke arah dada dan tahan sambil ditarik dengan tangan dalam 15 hitungan. Ganti ke kaki yang satunya, lakukan gerakan yang sama. Ulangi gerakan sampai 10 kali kiri dan kanan.

  1. Front Thigh Muscle

gerakan olahraga mengecilkan paha

Latihan ini juga masih termasuk gerakan stretching untuk bagian paha depan.  Untuk melakukan gerakan ini Anda perlu bantuan kursi. Posisikan tubuh berdiri sempurna, lalu angkat salah satu kaki ke belakang sambil memegang kursi untuk menahan tubuh agar tak terjatuh.

Tahan posisi dalam 15 hitungan, ulangi pada kaki yang satunya lakukan sampai 10 kali repetisi untuk tiap kaki.

  1. Inner Thigh Muscle

Masih dengan gerakan stretching, gerakan yang satu ini cocok untuk melatih otot-otot paha bagian dalam. Ambil posisi berjongkok lalu tarik salah satu kaki ke samping, tangan menyentuh lantai. Lalu gerakan tubuh seperti sedang merenggangkan kaki, tahan posisi dalam 15 hitungan. Lalu ganti posisi kaki, dan lakukan gerakan yang sama. Ulangi gerakan sampai 10 kali untuk tiap kaki.

Demikian gerakan olahraga mengecilkan paha sekaligus betis yang besar. Memiliki bentuk paha yang ramping memang impian setiap wanita, tetapi untuk mendapatkannya perlu usaha yang sungguh-sungguh bukan hanya diet saja. Tetapi juga diimbangi dengan latihan yang tepat dan juga rutin.

Selamat mencoba!

error: Content is protected !!