Featured Video Play Icon

Kenapa Bibir Pecah Pecah

Kenapa bibir pecah pecah? Itu yang biasanya menjadi pertanyaan bagi setiap orang yang mengalami bibir kering. Berbicara tentang bibir, warna bibir tergantung dari seberapa pigmen yang terkandung pada bibir orang tersebut. Bedanya hanya terletak pada jumlah dan ukuran pigmen hitam yang terdapat pada bibir, Semakin banyak jumlah pigmen hitam maka akan semakin hitam warna bibir orang tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika semakin sedikit pigmen hitam seseorang maka warna kulit bibir akan semakin terang. siapa di sini yang bibirnya nggak pernah absen dari lipstik hampir setiap hari?

Kenapa Bibir Pecah Pecah

Sebenarnya jika dilihat kenapa bibir pecah-pecah bisa diakibatkan dengan penggunaan lipstick, ya riasan wajah nampaknya belum lengkap tanpa lipstick. Bahkan ada wanita yang rela gak menggunakan make up asalkan tetap menggunakan lipstick. Nah, lalu bagaimana perawatan bibir setelah menggunakan lipstick tersebut? Perawatan pada bibir pada dasarnya merupakan hal yang penting. Jangan sampai Anda baru merawat bibir Anda, saat sudah terlanjur kering dan pecah-pecah. Nah, supaya terhindar dari kondisi bibir pecah-pecah, Anda perlu mengetahui berbagai penyebab kenapa bibir pecah pecah berikut ini.

1. Kebiasaan Membasahi Bibir

kenapa bibir pecah pecah

Saat bibir terasa kering, tanpa sadar Anda menjilat bibir agar kulit bibir Anda menjadi basah. Tahukah Anda, kebiasaan ini ternyata tak baik dan wajib dihindari. Air liur memiliki kandungan air, enzim, elektrolit serta komponen anti-bakterial yang terkandung. Tak ada kandungan pelembapnya sehingga air liur tidak dapat mengurangi penguapan air pada lapisan bibir. Bukannya membuat bibir semakin lembap, yang ada nantinya bibir malah semakin kering. Kalau kebiasaan ini terus dilakukan, bibir akan mudah pecah-pecah. Ubah kebiasaan membasahi bibir ini dengan menggunakan lip balm saat bibir terasa kering. Pilih lip balm dengan kandungan pelembap alami dan tidak megandung bahan berbahaya.

Baca Juga:  Cara Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Sehat

2. Terlalu Sering Menggunakan Lipstik

kenapa bibir pecah pecah

Saat ini lipstik memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Tampilan lipstik matte saat ini bahkan sedang jadi tren. Jenis dari lipstik ini ada yang formulanya cenderung membuat bibir kering bahkan pecah-pecah setelah digunakan. Jika Anda pengguna lipstik jenis ini, coba sesekali mengistirahatkan bibir Anda dari lipstik matte. Kalau masih tetap ingin memakai lipstik matte, pastikan Anda menggunakan lip balm sebelum menggunakan lipstik. Pilih juga lipstik matte yang dilengkapi dengan kandungan pelembap yang cukup. Selain itu, jangan biasakan tidur dengan masih menggunakan lipstik yang masih menempel di bibir.

Baca Juga:  Cara Merawat Wajah Agar Awet Muda Dengan 4 Resep Masker Alami Ini

3. Dehidrasi

kenapa bibir pecah pecah

Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab kenapa bibir pecah-pecah. Saat tubuh mengalami dehidrasi, biasanya bibir jadi pertanda awal. Hal ini terjadi karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak yang cukup untuk menjaga kelembapan layaknya kulit tubuh. Nah, untuk itu mulai biasakan untuk rutin meminum air sekitar 8 gelas setiap harinya, agar tubuh Anda terhindar dari dehidrasi. Bibir pun tetap lembap dan terhindar dari kondisi bibir yang pecah-pecah.

4. Menggunakan Lip Plump

kenapa bibir pecah pecah

Bagi mereka yang memiliki bibir tipis, biasanya lip plump jadi salah satu cara yang biasa dilakukan. Cukup diulaskan, dan secara instan tampilan bibir pun akan terlihat penuh. Di balik efek ini, Anda juga perlu cermat untuk memperhatikan kandungan pada lip plump yang Anda gunakan. Sebaiknya hindari lip plump dengan kandungan yang berisiko membuat bibir Anda kering.

Demikian pembahasan kami mengenai kenapa bibir pecah pecah. Untuk itu dianjurkan bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan bibir agar terhindar dari bibir pecah-pecah

error: Content is protected !!