Penyebab Kulit Kepala Gatal Rambut Rontok Bagi Wanita

Penyebab Kulit Kepala Gatal Rambut Rontok Bagi Wanita

Masalah seperti kulit kepala gatal dan rambut rontok, karap terjadi pada kebanyakan wanita yang hidup di wilayah tropis seperti Indonesia. Paparan sinar matahari yang lebih tinggi, membuat produksi minyak semakin meningkat dan menyebabkan kulit kepala menjadi lebih lepak, gatal, bahkan kekuatan rambut pun juga semakin melemah. Di samping itu ada beberapa penyebab kulit kepala gatal rambut rontok yang harus Anda ketahui, antara lain:

Penyebab Kulit Kepala Gatal Rambut Rontok Bagi Wanita

  1. Produksi Minyak Berlebih

kulit kepala gatal rambut rontok

Gatal yang terjadi di kulit kepala bisa disebabkan adanya produksi minyak berlebih. Selain akan menyebabkan rasa lengket dan tidak nyaman. Biasanya Anda juga akan merasakan rasa gatal di kulit kepala. Terlebih jika Anda sedang berada di luar ruangan yang langsung terkena paparan sinar matahari, debu dan kotoran. Tentu akan membuat rasa gatal semakin hebat dan bahkan bisa menyebabkan rambut rontok.

  1. Adanya Infeksi Kulit kepala

Penyebab kulit kepala gatal dan rambut rontok berikutnya adalah adanya infeksi yang disebabkan oleh jamur Tinea Capitis atau yang lebih dikenal dengan kurap. Kurap akan menyerang di bagian kulit kepala hingga menyebar ke bagian yang lebih luas. Biasanya jika terjadi kurap, kulit kepala akan timbul bintik-bintik hitam dan berisi ruam.

  1. Dermatitis Seboroik dan Ketombe

kulit kepala gatal rambut rontok

Penyebab gatal dan rambut rontok yang paling umum terjadi adalah akibat Dermatitis Seboroik dan Ketombe. Jika biasanya ketombe hanya ditandai dengan kulit kepala yang mengeluarkan sisik, maka untuk kasus Dermatitis Seboroik akan ditandai dengan terkelupasnya permukaan kulit kepala hingga menimbulkan rasa gatal yang luar biasa.

  1. Perawatan Rambut yang Salah

Perawatan rambut dengan menggunakan bahan kimia juga dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan bahkan rambut rontok. Dimana kandungan zat Sodium Lauryl Sulfate atau SLS yang ditemukan hampir di semua produk perawatan rambut dapat merusak folikel sehingga menghambat pertumbuhan rambut baru.

  1. Jarang Keramas

kulit kepala gatal rambut rontok

Kebiasaan jarang keramas juga dapat menyebabkan kulit kepala gatal rambut rontok. Dimana kulit kepala yang tidak dibersihkan secara rutin akan menjadi berminyak dan lembab sehingga kekuatan rambut pun semakin berkurang.

Baca Juga:  Cara Mempertebal Bulu Alis

Penyebab lainnya

  1. Perubahan Hormon

Hormon yang memiliki peran dalam masalah rambut rontok adalah Dihydrotestosterone (DHT). Dimana hormon ini menyebabkan folikel rambut semakin menyusut dan menimbulkan kerontokan yang semakin parah.

  1. Stress

kulit kepala gatal rambut rontok

Penyebab rambut rontok berikutnya dapat disebabkan adanya tingkat kestresan yang berlebih. Saat seseorang mengalami stress, maka otot saraf pun akan semakin menegang dan menyebabkan akar rambut menjadi lebih lemah yang mengakibatkan rambut menjadi rontok.

  1. Penataan Rambut dengan Hot Comb Alopecia

Kebanyakan wanita akan menggunakan alat Hot Comb Alopecia atau alat pemanas rambut seperti catok untuk penataan rambut agar terlihat lebih rapi. Namun penataan rambut dengan menggunakan alat ini justru akan merusak folikel rambut dan membuat rambut semakin rapuh.

  1. Kurangnya Asupan Gizi dan Vitamin

kulit kepala gatal rambut rontok

Kurangnya asupan gizi dan vitamin untuk tubuh juga dapat mempengaruhi helai rambut semakin menipis dan mudah rapuh. Hal inilah yang sering menimbulkan masalah pada kulit kepala, seperti gatal, berminyak, kusam, hingga rambut rontok.

  1. Adanya Gangguan Penyakit Tertentu

Penyebab kulit kepala gatal dan rambut rontok berikutnya bisa disebabkan karena adanya gangguan penyakit seperti penyakit kulit atau eksim, diabetes, cacar air, lupus, dan lainnya hingga menyebabkan kulit kepala menjadi gatal hingga rambut pun menjadi rontok.

Baca Juga:  Tips Kecantikan Wajah Putih Alami Dari Artis Tanah Air

Itulah beberapa penyebab kulit kepala gatal rambut rontok yang harus Anda ketahui. Lakukan beberapa penanganan agar kerontokan tidak semakin parah dan rambut pun bisa tumbuh dengan subur.

error: Content is protected !!