3 Jenis Makanan Bernutrisi Untuk Diet dan Manfaatnya

3 Jenis Makanan Bernutrisi Untuk Diet dan Manfaatnya

Diet bisa menjadi sangat sulit, terutama ketika menu dalam diet plan ada makananan yang tak Anda suka. Tentu saja hal ini akan sangat menyiksa batin dan juga raga, bukan? Sesungguhnya, ada banyak makanan diet yang sehat dan bernutrisi, rasanya pun enak tapi tetap membantu diet Anda. Memilih makanan untuk diet bukan hanya untuk mengurangi berat badan saja, tetapi juga harus bernutrisi. Tentunya ketika Anda sedang diet pasti menahan diri untuk makan, jadi memilih makanan bernutrisi tinggi dalam menu diet sangat penting. Supaya tubuh tak kekurangan asupan nutrisi pentin yang menjaga metabolisme. Berikut beberapa jenis makanan bernutrisi untuk diet yang sangat penting demi menjaga kesehatan dan bentuk tubuh tetap seimbang, di antaranya.

Makanan bernutrisi untuk diet

  1. Beras Merah

makanan bernutrisi untuk diet

Beras merah menjadi salah satu makanan bernutrisi yang memiliki peran yang sangat penting dalam menu diet Anda. Pasalnya meski sama-sama sebagai sumber karbohidrat, beras merah ini termasuk karboidrat kompleks. Di mana proses pencernaanya lebih lama sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama. Berbeda dengan beras putih yang merupakan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna.

Selain karbohidrat, di dalam beras merah juga terkandung bermacam nutrisi seperti serat, mineral dan juga vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Serat dalam beras merah diketahui sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol.

Baca Juga:  5 Makanan Bagi Orang Diet, Makanan Wajib Bagi yang Ingin Kurus

Menurut penelitian, indeks glikemik dalam beras merah ternyata lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih. Jadi beras merah ini tak hanya bagus untuk membuat Anda kenyang lebih lama dan bertenaga tetapi juga dapat mengurangi resiko penyakit diabetes.

  1. Sayuran Hijau

makanan bernutrisi untuk diet

Makanan bernutrisi untuk diet selanjutnya ialah sayuran hijau. Hampir semua jenis sayuran hijau bagus untuk diet dan juga tubuh. Sebab di dalamnya banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya bayam, sawi, brokoli, kangkung, asparagus, selada dan masih banyak lagi sayuran hijau yang lainnya yang harus masuk ke dalam daftar diet Anda.

Bayam yang kaya zat besi membantu memproduksi sel darah merah yang akhirnya mengurangi resiko anemia. Brokoli juga bagus untuk melancarkan sistem pencernaan dan mengandung antioksidan tinggi yang baik menghalau radikal bebas.

Untuk menjaga nutrisinya tetap bagus, harus diperhatikan betul-betul cara mengolahnya. Cukup direbus atau dikukus saja selama beberapa saat jangan terlalu lama.

Baca Juga:  Makanan Siang Untuk Diet

Manfaat makanan bernutrisi

  1. Buah-buahan

makanan bernutrisi untuk diet

Saat diet, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak buah-buahan. Karena di dalam buah terkandung banyak mineral dan vitamin bahkan juga lemak tak jenuh yang sangat baik untuk mendukung metabolisme di dalam tubuh. Kandungan air pada buah juga membantu mencukupi kebutuhan air tubuh sehingga mengurangi resiko dehidrasi.

Seperti apel, pisang, apukat, blueberry, semangka, melon dan semua jenis buah-buahan segar lainnya. Tak perlu pilih-pilih soal buah mana yang harus dikonsumsi, yang perlu diperhatikan adalah kualitasnya yang bagus dan masih segar.

Beberapa buah juga kaya antioksidan yang turut mebantu melawan radikal bebas yang memicu penuaan dini. Karenanya konsumsi buah dalam diet sangatlah penting untuk menjaga diet tetap seimbang.

Demikian informasi tentang jenis makanan bernutrisi untuk diet yang manfaatnya sangat bagus untuk mendukung keseimbangan tubuh. Diet bukan hanya sekedar membuat Anda mengurangi porsi makan agar tubuh jadi kurus. Tetapi lebih jauh lagi, diet membantu Anda mengatur keseimbangan komposisi makanan sehat demi mencukupi kebutuhan tubuh. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!