Makanan Siang Untuk Diet

Makanan Siang Untuk Diet

Banyak orang yang menghindari makan siang saat sedang menjalankan program diet karena dirasa dapat menggagalkan diet. Namun pendapat ini sebenarnya salah, makan siang menjadi kebiasaan makan yang dapat mendukung keberhasilan program diet. Hal ini karena dengan makan siang, maka nafsu makan bisa jadi lebih terkontrol. Dan tentunya resiko ingin mengemil bisa ditekan. Namun tetap saja pemilihan menu makanan siang untuk diet juga harus diperhatikan. Mulai dari porsi dan jenis makan siang yang tepat untuk diet. Dan untuk mendapatkan makan siang program diet yang tepat, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan, yaitu:

Menu diet yang sehat

  • Memiliki kandungan kalori yang cukup, sehingga mendukung pemenuhan energi tubuh sat berada di tengah-tengah kegiatan seharian
  • Memiliki kandungan serat yang cukup sehingga rasa kenyang lebih bertahan lama
  • Padat gizi, yaitu mengandung vitamin, protein, dan mineral yang dapat menunjang fungsi dan kerja dari sistem serta organ yang ada di dalam tubuh berjalan optimal
  • Tidak mengandung lemak, karbohidrat, dan gula yang berlebihan, yang mana beresiko terjadi penumpukan cadangan energi di dalam tubuh

Nah berikut ini beberapa makanan siang untuk diet yang direkomendasikan untuk anda.

Makanan Siang Untuk Diet

  • Sandwich

makanan siang untuk diet

Ide menu makanan siang untuk diet yang bisa dicoba adalah sandwich. Selain bergizi, menu makan siang ini juga sangat mudah dibuat. Agar nikmat dan sehat, anda bisa menggunakan bahan utama yaitu roti gandum yang memiliki kandungan serat yang lebih banyak. Selain itu perbanyak sayuran hijau di dalam sandwich serta gunakan lauk hewani yang masih segar. Hindari memiliki nugget atau sosis kemasan untuk menu sandwich. Untuk mengolah lauk hewani, anda bisa menggunakan metode masak seminimal mungkin. Misalnya ikan asap atau daging panggang. Dan jangan lypa gunakan saus yang menggunakan bahan-bahan alami dan sehat, seperti mayones rendah lemak atau saus tomat segar. Sehingga sandwich yang anda konsumsi sudah pasti sehat dan tidak menyebabkan gemuk.

  • Kentang

Jika anda memiliki keluhan sering merasa pusing dan lemas, maka ini gejala yang wajar dialami saat sedang menjalani diet. Dan agar anda tidak mengalami masalah tersebut, maka masukkan kentang ke dalam menu makan siang anda. Kentang adalah sumber kalium yang baik, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan buah pisang. Kalium merupakan mineral yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan magnesium dan kalium di dalamnya juga memiliki peran untuk mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil.

  • Salad Sayuran Hijau

makanan siang untuk diet

Tak ada salahnya menjadikan salad sebagai salah satu menu terbaik makanan siang untuk diet. Selain praktis, salad juga menjadi menu yang dapat mendukung diet. Salah yang cocok untuk program diet adalah yang menggunakan bahan utama yaitu sayuran-sayuran berwarna hijau. Sehingga asupan serat yang dikonsumsi semakin banyak. anda bisa memiliki sayuran hijau seperti selada, baby spinach maupun makanan hijau lainnya seperti alpukat atau mentimun. Agar salad yang dikonsumsi tetap padat gizi, anda bisa menambahkan potongan daging ayam atau ikan rebus. Dan jika ingin menambah asupan karbohidrat, tambahkan kentang dalam jumlah kecil. Jangan lupa tambahkan bahan makanan yang bergizi lainnya seperti wortel, jamur, atau tomat. Gunakan dressing salad yang sehat untuk menambah cita rasa semisal mayones rendah lemak ataupun minyak biji-bijian bisa dijadikan pilihan.

  • Sup sayuran

Menu makan siang yang bisa dicoba dalam program diet anda adalah sup sayuran. Dalam satu porsi sup sayuran, memiliki kadar lemak yang cukup rendah yaitu 1,9 gram serta 78 kkal. Jangan lupa pula memasukkan brokoli ke dalam sup sayuran anda. Brokoli hanya memiliki kalori sebesar 30 kal dan kandungan serta sebesar 5 gram yang dapat membuat anda lebih kenyang.

  • Ayam lemon

Menu makanan sehat ini memiliki protein yang tinggi namun kadar lemaknya tetap tidak berlebihan. Hal ini membuatnya menjadi salah satu menu sehat yang baik untuk makan siang anda. Dalam 1 porsinya terkandung hanya terkandung lemak sekitar 9,7 gram saja. Untuk memasaknya, anda bisa menggoreng daging ayam terlebih dahulu hingga berwarna kecokelatan. Dan kemudian tumis bawang serta jamur, setelah itu masukkan air kaldu. Aduk dan kecilkan api kemudian tambahkan adas. Tambahkan aprutan kulit lemon, air lemon, selderi, dan lada hitam setelahnya. Didihkan hingga air kaldu berkurang setengahnya. Setelah itu masukkan daging ayam yang sudah digoreng ke dalam panci dan masak kurang lebih 15-20 menit.

Baca Juga:  Penyebab Stretch Mark Saat Hamil

Beberapa menu makan sehat diatas bisa anda coba buat sendiri untuk menu makan siang anda sehari harinya. Makan tetap enak tanpa takut untuk gemuk. Jangan lupa pula untuk tetap memenuhi asupan air putih yang banyak setiap harinya. Sehingga program diet yang anda jalankan bisa lancar dan suskes menurunkan berat badan secara cepat.

error: Content is protected !!