Penyebab Kulit Kepala Berkerak Seperti Ketombe

Penyebab Kulit Kepala Berkerak Seperti Ketombe

Kulit kepala berkerak seperti ketombe bisa jadi merupakan sebuah gejala dari psoriasis. Psoriasis adalah peradangan yang terjadi pada kulit kepala yang berbentuk seperti ketombe dan juga terasa gatal. Psoriasis pada kulit kepalapun sama halnya dengan ketombe yaitu kering, berkerak dan mudah mengelupas. Hampir semua orang dapat beresiko terkena psoriasis dan resiko terbesar orang terkena psoriasis yaitu orang dengan umur 15 hingga 30 tahunan.

Psoriasis menyebakan kulit kepala menebal hingga akhirnya menjadi keras dan bersisik, setelah itu akan mengelupas menjadi serpihan seperti ketombe. Hal yang membedakan kulit berkerak dengan ketombe yaitu pada psoriasis dapat menyebabkan kulit kepala berdarah sedangkan ketombe tidak akan bisa membuat kulit kepala berdarah. Lalu apa sebenernya penyebab kulit kepala berkerak seperti ketombe? Berikut ini pembahasannya.

Penyebab Kulit Kepala Berkerak Seperti Ketombe

penyebab kulit kepala berkerak seperti ketombe

Hingga saat ini belum diketahui penyebab jelas terjadinya kulit kepala berkerak akan tetapi para ahli kesehatan meyakinkan bahwa penyebab utama nya yaitu faktor keturunan. Disamping faktor keturunan penyebab yang paling mempengaruhi terjadinya psoriasis yaitu adanya penyakit autoimun. Bebera ahli menyatakan bahwa kulit kepala berkerak dapat disebabkan karena penyakit auto imun yang menyerang sistem imun tubuh.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok Dengan Jeruk Nipis

Hal tersebut menyebabkan tumbuhnya sel kulit baru sedangkan lapisan kulit akan membutuhkan waktu lama untuk membuat sel kulit lama mengelupas. Dengan begitu kulit kepala akan berkerak dan terlihat seperti menebal. Meskipun pada kenyataannya hingga sampai saat ini belum diketahui penyebab jelas terjadinya psoriasis pada kulit kepala. Selain penyakit imun dan faktor keturunan terdapat beberapa penyebab lainnya yang dapat membuat kulit kepala berkerak seperti ketombe diantaranya yaitu sebagai berikut.

penyebab kulit kepala berkerak seperti ketombe

  • Stress
  • Efek dari penggunaan obat-obatan
  • Terjadi perubahan hormone
  • Kulit kepala yang terpapar sinar matahari secara langsung

penyebab kulit kepala berkerak seperti ketombe

  • Efek samping dari konsumsi alkohol berlebih
  • Peradangan kulit
  • Produksi kelenjar keringat yang berlebih pada kulit kepala

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kulit kepala berkerak seperti ketombe. Jika Anda mengalami kulit berkerak dan mendapat gejala-gejala psoriasis maka dapat konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah gejala yang dirasakan termasuk psoriasis atau hanya ketombe biasa.

Cara mencegah psoriasis

Psoriasis tidak dapat disembuhkan akan tetapi alangkah lebih baiknya jika melakukan upacara pencegahan. Nah jika Anda mempunyai gejala kulit kepala berkerak maka tak perlu khawatir terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kulit kepala berkerak. Berikut ini cara mencegah terjadinya psoriasis pada kulit kepala.

  • Jaga kebersihkan kulit kepala dan hindari terjadinya cedera pada kulit kepala
  • Hindari kulit kepala dari paparan sinar matahari langsung yang menyengat
  • Jika telah terjadi psoriasis ringan maka coba gunakan shampoo, lotion ataupun krim topical yang mempunyai kandungan batubara. Kandungan batubara dapat mengurangi peradangan yang terjadi dan juga gatal yang dirasakan.
  • Gunakan obat anti-inflamasi untuk psoriasis ringan sedangkan jika telah parah cobalah lakukan terapi
  • Konsumsi obat penurun kekebalan
Baca Juga:  Kulit Kepala Berkerak Seperti Ketombe

Selain 5 cara diatas Anda juga dapat mencoba menggunakan asam salisilat dalam minyak. Untuk mengatasi gatal gunakan antihistamin dan juga antibiotik. Akan tetapi perlu diingat jika Anda akan menggunakan obat-obatan pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter maupun apoteker terkait dosis dan aman tidaknya obat yang akan digunakan. Sekian pembahasan mengenai penyebab kulit kepala berkerak seperti ketombe, semoga artikel ini bermanfaat.

error: Content is protected !!