Penyebab Kulit Kepala Mengelupas Seperti Ketombe

Penyebab Kulit Kepala Mengelupas Seperti Ketombe

Kulit merupakan bagian tubuh yang penting karena merupakan bagian terluar sebagai pertahanan tubuh. Dengan begitu kesehatan kulit perlu kita jaga agar terhindar dari berbagai jenis gangguan kulit. Ini juga termasuk kesehatan kulit kepala, walaupun terlindungi oleh rambut bukan berarti kulit kepala bebas dari gangguan. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada kulit kepala adalah bagian kulitnya yang terkelupas. Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak hal baik dari pengaruh luar seperti perawatan rambut yang keras maupun pengaruh dalam yang berasal dari tubuh sendiri. Oleh karena itu kita harus mencari tahu penyebabnya dengan melihat ciri – ciri dari kulit yang mengelupas tersebut. Berikut ini adalah informasi beberapa penyebab kulit kepala mengelupas seperti ketombe:

Penyebab Kulit Kepala Mengelupas Seperti Ketombe

  • Psoriasis

penyebab kulit kepala mengelupas seperti ketombe

Penyakit psoriasis merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan gejala kulit kepala yang menebal yang kemudian tampak seperti bercak keperakan, hal ini dipicu oleh pembentukan sel kulit yang terlalu cepat dibanding biasanya. Penyebab kulit kepala mengelupas seperti ketombe psoriasis sebenarnya belum diketahui secara pasti, tetapi sebagian ahli menyatakan bahwa psoriasis adalah sejenis penyakit autoimun yang menyerang tubuh. Dimana tubuh akan memerintahkan regenerasi sel baru sebelum sel kulit kepala yang sebelumnya terkelupas hal inilah yang menyebabkan kulit kepala menebal. Cara mengobatinya dengan menggunakan salep yang mengandung steroid dan sampo yang mengandung salisilat.

  • Kurap dan Folikulitis Pada Kepala

penyebab kulit kepala mengelupas seperti ketombe

Hal lainnya yang menyebabkan kulit kepala terkelupas adalah penyakit kurap. Kurap disebabkan oleh infeksi jamur sehingga kulit kepala menjadi memerah, bersisik dan timbul bercak – bercak. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan obat topikal anti jamur, penyakit ini harus segera diatasi karena mudah menyebar ke daerah kulit lainnya. Lalu ada pula penyakit folikulitis, ciri – ciri dari penyakit ini adalah munculnya benjolan seperti jerawat kecil yang berisi nanah rasanya kulit gatal dan panas. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang karena terjadi iritasi setelah pencukuran dan riasan wajah. Oleh karena itu kamu harus membersihkan kulit kepala setelah potong rambut dengan maksimal dan apabila penyakit ini sudah terjadi, kamu dapat minum antibiotik untuk mengatasinya.

Baca Juga:  Rahasia Memutihkan Kulit Tubuh Ala Suzy

Cara merawat rambut dengan benar

  • Dampak Perawatan Rambut Yang Salah

penyebab kulit kepala mengelupas seperti ketombe

Penggunaan shampoo atau conditioner yang tidak cocok dengan kulit dapat menyebabkan iritasi yang berlanjut dengan terkelupasnya kulit kepala. Oleh karena itu sebelum membeli produk perawatan rambut kamu harus mengenali jenis kulit dan peruntukkan dari shampoo itu sendiri. Saat kulit kepala mulai terkelupas maka hentikan pemakaian produk perawatan rambut dengan segera.

  • Dermatitis Saboroik

penyebab kulit kepala mengelupas seperti ketombe

Kemudian ada penyakit bernama dermatitis saboroik, penyakit kulit ini ditandai dengan sering mengelupasnya kulit kepala atau pada kondisi yang cukup parah dapat menyebabkan kulit kepala menjadi merah, berminyak dan berketombe. Penyebab kulit kepala mengelupas seperti ketombe. Apabila penyakit dermatitis ini terjadi pada bayi maka istilahnya dikenal dengan cradle cap. Pemicu dari penyakit ini belum diketahui secara pasti tetapi beberapa ahli menduga penyebabnya adalah jamur malassezia yang muncul saat pelepasan minyak di permukaan kulit. Dermatitis saboroik dapat diobati dengan mengoleskan krim atau gel antibakteri bernama metronidazole atau menggunakan sampo antijamur yang mengandung ketoconazole.

error: Content is protected !!