Cari Tahu Apa Saja Penyebab Stretch Mark di Bokong

Cari Tahu Apa Saja Penyebab Stretch Mark di Bokong

Bokong menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak timbul stretch mark. Selain disebabkan penumpukan lemak, daerah ini juga mengalami peregangan yang cukup dratis. Meskipun letaknya sering tertutup oleh pekaian yang Anda gunakan. Namun munculnya stretch mark di bokong sangat mempengaruhi kecantikan kulit Anda bahkan dapat membuat pusing karena tak kunjung hilang. Berikut adalah penyebab stretch mark di bokong yang bisa Anda ketahui:

Cari Tahu Penyebab Stretch Mark di Bokong

  1. Perubahan Barat Badan yang Terlalu Drastis

penyebab stretch mark di bokong

Peregangan pada lapisan kulit bisa disebabkan karena kenaikan dan penurunan berat badan secara drastis. Biasanya hal ini kerap terjadi pada sebagian wanita yang melakukan diet dengan cara yang ekstrim namun tidak diimbangi dengan pola hidup sehat, seperti olahraga, konsumsi makanan teratur dan lain sebagainya.

  1. Jarang Berolahraga

Masih berkaitan dengan faktor di atas, stretch mark yang muncul di bagian bokong juga bisa terjadi akibat Anda jarang melakukan olahraga. Dimana selain dapat mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh, jarang berolahraga juga dapat menyebabkan timbulnya stretch mark di bagian bokong dan bahkan di bagian yang tidak terlihat sekalipun. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan lemak yang membuat bagian bokong mengalami peregangan yang begitu parah.

  1. Konsumsi Makanan Berlemak Tinggi

penyebab stretch mark di bokong

Selain jarang melakukan olahraga, seseorang yang suka mengkonsumsi makanan berlemak tinggi pun akan menimbulkan stretch mark di bagian tubuhnya, terutama di bagian bokong atau pantat. Bokong menjadi bagian tubuh yang paling banyak memiliki lemak di bandingkan bagian tubuh lain. Sehingga apabila tidak diimbangi dengan olahraga, tentu timbunan lemak akan menyebabkan kulit menjadi lebih lebar sehingga mengalami peregangan yang terus menerus.

  1. Kurangnya Asupan Vitamin A, C, dan E

Jika selama ini Anda jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C dan E baik itu dalam bentuk buah dan sayur. Maka resiko munculnya stretch mark bisa saja terjadi di usia muda. Vitamin memiliki peran yang cukup baik di dalam tubuh, selain dapat melunturkan lemak dan kolestrol jahat. Vitamin juga berperan sebagai perlindungan dari kesehatan kulit Anda.

Baca Juga:  Cara Memilih Shampo Untuk Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Tepat

Selain poin poin diatas, stretch mark juga bisa muncul karena hal hal di bawah ini :

  1. Keturunan

Selain penyebab stretch mark di bokong yang dipengaruhi oleh gaya hidup yang Anda terapkan. Timbulnya stretch mark juga dapat dipebgaruhi oleh faktor keturunan. Anda bisa melihat riwayat keluarga, baik itu dari Ibu, Ayah, ataupun keluarga di atasnya. Meskipun resikonya tidak terlalu besar, namun hal ini bisa sangat berpengaruh pada munculnya stretch mark di bagian bokong selain karena pola hidup yang Anda terapkan sebelumnya.

  1. Adanya Gangguan Kesehatan

Penyebab stretch mark di bokong juga dapat disebabkan karena adanya gangguan kesehatan yang Anda alami. Biasanya selain di pengaruhi oleh faktor gaya hidup, munculnya stretch mark juga dapat menjadi tanda bahwa tubuh dalam keadaan yang kurang stabil. Misalnya saja, Anda sedang mengidap penyakit tertentu atau yang lainnya.

  1. Sering Menggunakan Pakaian Ketat

penyebab stretch mark di bokong

Kebiasaan menggunakan pakaian ketat seringkali tidak disadari sebagai penyebab munculnya stretch mark di bagian bokong. Saat kulit mengalami desakan dalam waktu yang lama, hal ini cenderung menyebabkan adanya peregangan di daerah tersebut. Belum lagi jika Anda merupakan orang yang jarang sekali melakukan olahraga. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap munculnya stretch mark yang lebih cepat.

Baca Juga:  Penyebab Stretch Mark Saat Hamil

Penyebab stretch mark di bokong memang bisa dipengaruhi oleh gaya hidup yang Anda jalankan saat ini. Untuk itu, mulailah menjalankan hidup sehat agar stretch mark bisa dihilangkan dengan cara yang lebih efektif.

error: Content is protected !!