Cari Tahu Penyebab Stretch Mark Pada Ibu Hamil, Yuk !

Cari Tahu Penyebab Stretch Mark Pada Ibu Hamil, Yuk !

Saat masa kehamilan, ada banyak sekali perubahan yang terjadi pada ibu hamil. Mulai dari perubahan hormone, pertambahan berat badan, hingga munculnya guratan-guratan pada kulit tubuh atau yang dikenal sebagai stretch mark. Biasanya stretch mark muncul pada bagian-bagian tertentu seperti paha, bokong, maupun payudara. Warna guratan nya pun dapat beragam, seperti merah muda, putih, cokelat kemerahan, ataupun ungu tergantung warna kulit dari ibu hamil tersebut. Stretch mark dapat dialami ibu hamil ketika usia kandungan meginjak ke trimester akhir. Namun meskipun begitu, tak ada yang perlu dikhawatirkan karena memang kondisi seperti ini sangat normal terjadi pada ibu hamil. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan jika 90% ibu hamil memiliki stretch mark di beberapa bagian tubuhnya. Penyebab stretch mark pada ibu hamil

penyebab stretch mark pada ibu hamil

Cari Tahu Penyebab Stretch Mark Pada Ibu Hamil, Yuk !

Sebenarnya tak hanya pada ibu hamil saja, kebanyakan wanita juga bisa memiliki stretch mark. Faktor penyebab stretch mark pada ibu hamil :

  • Perubahan berat badan yang mendadak (perubahan berat badan yang turun-naik secara cepat)
  • Pengaruh konsumsi obat-obatan
  • Kehamilan

Pada saat kehamilan, stretch mark dapat muncul dikarenakan pengaruh hormone kehamian serta meregangnya jaringan kulit yang mengakomodasi pertumbuhan janin dalam kandungan. Atau dengan kata lain munculnya stretch mark dapat terjadi karena kulit meregang dengan cepat yang mana merusak jaringan yang ada di dalamnya. Sehingga kulit mengalami peregangan yang berlebihan atau over stretched.

Baca Juga:  Penyebab Stretch Mark Saat Hamil

penyebab stretch mark pada ibu hamil

Hormone pada saat kehamilan memiliki tanggung jawab dalam menciptakan serat elastis serta kolagen pada lapisan tengah kulit, sehingga memungkinkan terjadinya peregangan. Karena adanya perubahan hormon saat kehamilan ini, maka keelastisan kulit menjadi menurun. Inilah yang menyebabkan rentan munculnya stretch mark pada ibu hamil.

Pada ibu hamil, biasanya stretch mark yang muncul memiliki warna merah jambu serta cenderung berbentuk lebar. Dan setelah itu berangsur menjadi garis yang tipis berwarna putih atau kecoklatan. Umumnya pada ibu hamil akan ditemukan stretch mark pada bagian sepanjang dinding peruta maupun di atas pinggul. Jika terjadi peregangan di bagian payudara selama masa kehamilan dan menyusui, umumnya juga akan meninggalkan tanda guratan putih ketika payudara kembali pada ukuran normalnya.

Faktor lainnya yang menyebabkan munculnya stretch mark pada ibu hamil dapat disebabkan karena faktor genetika. Jika pada riwayat keluarga memiliki permasalah stretch mark yang turun temurun selama masa kehamilan, maka resiko munculnya stretch mark tidak dapat dihindari.

Baca Juga:  Manfaat Minyak Kelapa Untuk Alis dan Bulu Mata

Cara Mengatasi Dan Mencegah Stretch Mark Pada Ibu Hamil

penyebab stretch mark pada ibu hamil

Meskipun tak berbahaya, namun stretch mark dapat membuat wanita menjadi kurang percaya diri. Untuk itu lah tak ada salahnya untuk mencegah munculnya stretch mark selama masa kehamilan. dibandingkan menggunakan produk-produk yang mengandung bahan kimia, akan lebih baik untuk menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman digunakan untuk ibu hamil. Misalnya saja seperti :

  • Minyak zaitun
  • Lidah buaya
  • Lemon
  • Putih telur, dan masih banyak lainnya.

penyebab stretch mark pada ibu hamil

Selain itu, jangan lupa untuk megkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak serta makan makanan yang sehat selama masa kehamilan. cairan akan sangat penting untuk tetap menjaga keelastisan kulit sehingga mencegah munculnya stretch mark. Konsumsilah buah-buahan yang banyak mengandung air sehingga kulit tetap terjaga kesehatannya. Jangan lupa pula untuk melakukan olahraga secara teratur meskipun sedang hamil.

Nah itu tadi beberapa penyebab stretch mark pada ibu hamil beserta bagaimana cara untuk mencegahnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

error: Content is protected !!