Penyebab Stretch Mark Saat Hamil

Penyebab Stretch Mark Saat Hamil

Kehamilan adalah suatu momen yang paling di tunggu oleh banyak orang utamanya bagi wanita yang sudah menikah. Sebab kehamilan menandakan bahwa tubuh Anda dalam kondisi yang benar-benar sehat dan tidak ada penyakit di dalam tubub utamanya dalam rahim Anda. Namun kehamilan di nanti tidak hanya sebagai penanda bahwa tubuh dalam keadaan sehat saja namun memang setiap pasangan suami istri pasti menginginkan seorang buah hati untuk menambah keharmonisan dalam rumah tangga. Dan juga sebagai penerus keturunan setiap anggota keluarga. Bahkan pasangan suami istri yang tidak kunjung hamil padahal sudah menikah lama bisa memicu terjadinya pertengkaran dan tidak jarang perpisahan.

Stretch Mark Saat Hamil

penyebab stretch mark saat hamil

Namun ternyata kehamilan bisa menyebabkan dampak yang cukup buruk bagi wanita. Mulai dari perubahan bentuk tubuh yang sangat drastis hingga perubahan mood atau sifat yang di sebabkan oleh hormon kehamilan. Bahkan ketika kehamilan sudah memasuki bulan ke tiga maka wanita akan mudah sekali senang dan dalam jangka waktu yang singkat kembali sedih hanya karena permasalahan yang sepele. Sedangkan perubahan pada fisik yang jelas terlihat adalah stretch mark. Meskipun tidak semua wanita hamil mengalami bekas kehamilan ini namun tetap saja tidak sedikit wanita yang mengeluh mengalami stretch mark setelah proses melahirkan. Berikut penyebab stretch mark saat hamil

Baca Juga:  Cara Muka Cepat Putih

Penyebab Stretch Mark Saat Hamil

penyebab stretch mark saat hamil

  1. Kenaikan berat badan yang drastis

Sudah menjadi hal yang wajar pada ibu hamil jika pada masa kehamilan maka berat badan akan naik dengan sangat banyak. Ini di karenakan di dalam tubuh Anda tidak hanya ada satu orang sja namun ada dua orang yakni Anda dan janin Anda. Selain itu para dokter kandungan pastinya akan menyarankan untuk menambah menu makanan Anda lebih banyak dari pada biasanya. Porsi makan yang di tambah juga berfungsi sebagai cara untuk menjaga janin agar tetap sehat. Sebab jika ibu kekurangan makanan maka janin juga akan kekurangan gizi dan bisa bedampak buruk untuk kesehatannya.

Karena penambahan porsi makan yang dari porsi makan kecil ke porsi makan lebih besar ini dan terjadi secara terus menerus maka menyebabkan kenaikan berat badan oleh ibu hamil. Ketika berat badan naik maka otomatis kulit juga semakin bertambah besar. Namun saat berat badan kembali turun maka kulit kembali mengecil dan timbulah stretch mark karena keseimbangan elastisitas kulit terganggu.

Baca Juga:  Cara Menghitamkan Bulu Mata Secara Alami

penyebab stretch mark saat hamil

  1. Perubahan bentuk dan ukuran perut

Penyebab stretch mark saat hamil. Di saat usia kehamilan masih di usia satu sampai dua bulan maka perut Anda tidak akan terlalu besar. Namun saat usia kandungan sudah mulai memasuki usia tiga bulan maka perut Anda akan berubah mulai membesar. Perubahan bentuk perut ini di karenakan oleh ukuran bayi yang juga semakin besar dari waktu ke waktu. Namun ternyata perubahan perut yang terjadi secara mendadak ini juga menyebabkan kulit menjadi lebih elastis karena mengikuti perubahan bentuk perut Anda.

Tapi saat masa kehamilan sudah selesai dan Anda sudah melahirkan maka ukuran perut berubah ke ukuran semula. Ukuran perut yang berubah dari kecil ke besar lalu kembali kecil kembali dalam waktu yang singkat dan tanpa melalui proses olahraga menyebabkan timbulnya stretch mark pada perut Anda.

Itu tadi beberapa penyebab stretch mark saat hamil yang harus Anda ketahui.

error: Content is protected !!