Perbedaan Stretchmark dan Selulit

Perbedaan Stretchmark dan Selulit

Kulit mulus dan sehat menjadi idaman bagi setiap orang. Oleh karena itu menjaga kesehatan kulit menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar terhindar dari kulit kusam dan kering serta berbagai jenis gangguan kulit lainnya. Apalagi kulit merupakan bagian tubuh terluar dengan fungsi proteksi organ bagian dalam, karena hal itu pula kulit menjadi pertahanan pertama dari serangan bakteri, debu, jamur dan berbagai jenis kotoran lainnya. Dengan demikian, gangguan yang mengancam kesehatan kulit jangan dianggap sepele karena beresiko pada gangguan kulit yang lebih serius.

perbedaan stretchmark dan selulit

Banyak cara dan perawatan dilakukan demi mendapatkan kondisi kulit yang mulus dan sehat. Hal tersebut diantaranya adalah

  • makan makanan yang sehat
  • memakai losion dan sunscreen
  • serta olahraga rutin.

Di luar itu semua, ada kalanya gangguan pada kulit terjadi tanpa bisa dihindari. Misalnya saja mengalami stretch mark dan selulit pada kulit. Sebelum pada perawatannya kita harus mengetahui apa perbedaan stretchmark dan selulit

Perbedaan Stretchmark dan Selulit

Stretch mark merupakan suatu gangguan kulit yang ditandai dengan adanya guratan – guratan berwarna merah hingga keunguan pada beberapa bagian bagian tubuh terutama tempat lemak terkonsentrasi yaitu perut, lengan dan paha. Pada prosesnya guratan merah ini lama kelamaan akan berubah warna menjadi putih dan kelabu. Jadi stretch mark ini terjadi karena adanya peregangan secara cepat pada lapisan tengah kulit (dermis) melebihi elastisitas kulit.

Baca Juga:  Cara Menebalkan Bulu Mata Dengan Kemiri

Lapisan dermis yang meregang akan menipis dan menyebabkan lapisan kulit di bawahnya muncul ke permukaan dan menimbulkan guratan tersebut. Beberapa kondisi yang memicu terjadinya stretch mark diantaranya kehamilan pada trimester akhir, pubertas karena pada masa ini anak akan tumbuh dengan cepat, lalu kondisi lainnya adalah memiliki riwayat keluarga dengan stretch mark serta mengalami gangguan kesehatan tertentu. Namun jangan khawatir karena stretch mark ini dapat diatasi dengan cara menggunakan krim penghilang stretch mark, memakai pelembab atau menjalani perawatan laser. Selain stretch mark, gangguan kulit lainnya yang sering ditemui adalah selulit.

Apa Itu Selulit ?

Perbedaan stretchmark dan selulit. Selulit merupakan suatu kondisi dimana tampilan kulit berkerut dan bergelombang terutama di bagian yang menjadi timbunan lemak seperti pada dan pantat. Dimana hal ini dapat terjadi karena munculnya lemak di bawah permukaan kulit. Jaringan lemak tersebut mendorong jaringan ikat yang ada di atasnya dan membuat permukaan kulit tidak rata. Permukaan kulit yang rata atau bergelombang ditentukan oleh struktur kulit di atasnya dan jaringan ikat di bawahnya. Selulit ini sebenarnya dapat diatasi dengan pola hidup sehat yaitu

  • dengan diet
  • minum air yang cukup
  • tidak merokok
  • dan berolahraga.
Baca Juga:  Produk yang Sesuai Untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

Kombinasi diet dan olahraga akan secara signifikan mengurangi lemak dalam tubuh yang menjadi faktor pemicu munculnya selulit.

Berdasarkan paparan di atas kita dapat menyimpulkan perbedaan stretchmark dan selulit. Dari segi bentuk misalnya, stretch mark berupa guratan putih kemerahan sedangkan selulit berbentuk kerut atau gelombang pada permukaan kulit. Penyebab dari dua gangguan kulit ini pun jelas berbeda.

error: Content is protected !!