Panduan Memilih Sabun Cuci Muka Kulit Kering yang Tepat

Panduan Memilih Sabun Cuci Muka Kulit Kering yang Tepat

Bagi pemilik wajah berkulit kering akan jarang mengalami masalah jerawat dibanding kulit berminyak. Namun, ada beberapa kekurangan bagi pemilik kulit kering ini dimana jenis kulit kering ini kurang elastis. Hal ini disebabkan oleh kelembaban yang rendah pada jenis kulit kering. Terlebih saat kondisi kulit sangat kering yang dapat membuat kulit menjadi kusam, mengelupas, dan muncul patch, serta munculnya garis-garis halus lebih cepat. Selain itu, jenis kulit kering juga lebih mudah sensitif dan muncul ruam kemerahan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan wajah yang benar untuk kulit kering. Salah satu caranya adalah dengan memilih sabun cuci muka yang tepat. Kategori sabun cuci muka yang tepat untuk kulit kering adalah sabun yang mengandung pelembab dan tidak banyak busa. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah panduan memilih sabun cuci muka kulit kering yang tepat:

Panduan Memilih Sabun Cuci Muka Kulit Kering yang Tepat

sabun cuci muka kulit kering

  1. Pilih sabun wajah yang mengandung pelembab alami atau mengandung minyak seperti minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan cocoa butter. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban kulit dan tidak menghilangkan minyak alami yang diproduksi kulit. Selain itu, menjaga kelembaban kulit bisa juga menggunakan pelembab yang mengandung lanolin, dimethicone, atau petrolium.
  2. Pilihlah sabun wajah yang tidak berbusa, bebas pewangi, dan juga tidak mengandung alkohol.
  3. Selain itu, hindari penggunaan sabun wajah berbahan antibakteri atau deterjen. Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut dapat mengurangi produksi minyak alami pada kulit yang dapat membuat kulit kering dan meradang.
  4. Sabun wajah biasanya mengandung Ph cenderung basa, sedangkan pH kulit cenderung netral menuju basa. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih sabun dengan kandungan pH sesuai atau mendekati pH wajah, agar pertahanan alami kulit wajah tidak rusak.
  5. Apabila sabun wajah yang Anda pilih mengandung scrub, maka sebaiknya jangan digunakan terlalu sering. Penggunaan yang tepat adalah satu sampai dua kali dalam seminggu.
Baca Juga:  Rekomendasi Produk Sabun Muka Untuk Pori Pori Besar

Cara menggunakan sabun wajah yang baik

sabun cuci muka kulit kering

Setelah  mengetahui panduan memilih sabun cuci muka kulit kering yang tepat, maka selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara menggunakan sabun wajah yang baik. Sebelum menggunakan sabun cuci wajah, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kosmetik yang menempel pada wajah menggunakan pembersih kosmetik khusus. Selain itu, sebaiknya jangan terlalu sering mencuci wajah dengan menggunakan air panas karena akan membuat kulit wajah menjadi kering.

Menjaga kesehatan tubuh juga akan menunjang kesehatan kulit, misalnya dengan menjaga pola hidup sehat, banyak minum air putih, dan hindari merokok, serta konsumsi makanan yang bernutrisi. Meskipun sudah memilih sabun wajah sesuai jenis kulit, namun faktanya reaksi setiap kulit terhadap sabun wajah berbeda-beda padahal sama-sama memiliki jenis kulit kering.

Baca Juga:  Cari Tahu Penyebab Stretch Mark Pada Ibu Hamil, Yuk !

sabun cuci muka kulit kering

Ada beberapa orang yang sensitif terhadap beberapa produk yang mengandung bahan tertentu. Sehingga, sebelum memutuskan untuk menggunakan sabun cuci muka kulit kering di wajah sebaiknya coba terlebih dahulu gunakan pada bagian leher Anda. Apabila tidak terjadi reaksi sensitif pada leher, maka sabun tersebut layak digunakan di wajah.

Tetapi apabila terjadi reaksi alergi, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan produk tersebut di wajah. Hal ini penting dilakukan agar tidak merusak kulit wajah akibat alergi ataupun iritasi. Berbagai sabun wajah untuk kulit kering dijual bebas di pasaran, sehingga Anda perlu memilihnya dengan tepat agar wajah tetap sehat terawat. Selain itu, hindari pula paparan langsung sinar matahari dan jangan lupa menggunakan pelembab yang mampu melindungi dari sinar UV.

error: Content is protected !!