Ternyata Ini Rahasia Cara Merawat Kulit Kering Yang Benar

Ternyata Ini Rahasia Cara Merawat Kulit Kering Yang Benar

Banyak orang yang mengeluh dengan kondisi kulit mereka seperti kulit berminyak hingga berjerawat. Akan tetapi tidak sedikit juga yang mengeluh tentang kulit yang kering, kusam, kasar serta terdapat banyak kerutan-kerutan halus pada wajah dan terkadang kulit kering akan terasa gatal. Untuk mengecek apakah kulit anda sudah termasuk kulit kering atau masih dalam kategori lembab, cobalah untuk menggaruk dengan menggunakan kuku. Jika ada goresan terlihat maka kulit anda bisa dikategorikan sebagai kulit kering. Penyebab kulit kering bisa bervariasi. Sebagian besar disebabkan karena kondisi kulit yang memang diturunkan secara genetis, sehingga kulit Anda memang sudah kering secara alami. Penyebab lainnya secara umum,  kondisi kulit yang kering terjadi pada saat musim dingin. Udara dingin dan kering juga akan menyedot kelembaban dari kulit yang semula halus dan lembut. Penyebab lainnya adalah proses penuaan, kekurangan nutrisi, atau kelainan genetik dan penyakit tertentu. Sebagian besar kondisi kulit kering tidak membutuhkan pengobatan dokter untuk mengatasinya, cara merawat kulit kering cukup dengan melakukan pengobatan sendiri menggunakan perawatan sehari – hari atau dengan menggunakan bahan alami.

  1. Mandi atau kompres air hangat

Cara merawat kulit kering yang pertama adalah dengan mandi air hangat suam-suam kuku, tapi jangan terlalu lama. Kenapa harus air hangat? Mandi air panas setelah seharian beraktivitas memang terasa menggoda, namun air panas dapat melucuti minyak alami tubuh, dan Anda perlu sebanyak mungkin penghalang yang membantu memerangkap kelembapan demi menjaga kulit Anda tetap halus dan lembap. Dermatologis merekomendasikan untuk mandi air hangat tak lebih dari 5-10 menit. Alternatifnya, anda bisa mengompres area kulit kering bersisik dengan kompres air hangat. Gunakan waslap bayi bersih yang telah dicelupkan di air hangat, kemudian gosok lembut dengan gerakan melingkar kecil untuk mengangkat sisa kulit mati. Ulangi beberapa kali sehari, jika perlu. Pastikan untuk menggunakan waslap baru setiap kali akan mengompres. Setelah itu, keringkan kulit dan oleskan pelembab tubuh.

  1. Gunakan sabun pembersih yang tepat
Baca Juga:  3 Jenis Makanan Bernutrisi Untuk Diet dan Manfaatnya

Beberapa sabun wajah dan pembersih benar-benar bisa menjadi terlalu keras untuk kulit sensitif di wajah Anda. Jika kulit anda terasa kencang dan kering setelah anda mencucinya, Anda bisa menggunakan produk yang salah untuk kulit Anda. Pilih pembersih wajah yang tepat. Carilah produk yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate, yang menguras kelembapan dari kulit. Sebaliknya, pilih produk yang bebas dari pewangi dan pewarna dan diberi label Moisturizing.

  1. Keringkan tubuh dengan baik

Anda mungkin berpikir bahwa meninggalkan wajah tetap lembap setelah mandi adalah salah satu cara merawat kulit kering yang benar yang akan membantu meningkatkan kelembapan kulit. Salah besar. Setelah air benar-benar menguap dari permukaan kulit, kulit Anda justru akan lebih kering dari sebelumnya. Jadi, pastikan untuk mengeringkan kulit dengan baik setelah mandi. Namun, perlu diingat bahwa handuk kasar dapat bertindak seperti exfoliator, gesekan antar kulit dengan tekstur kasar handuk dapat merusak lapisan terluar kulit, menyebabkan kekeringan lebih lanjut dan iritasi. Selalu gunakan kain lembut dan bersih, dan ingat untuk menepuk-nepuk wajah Anda, jangan menggosok. Keringkan kulit selama kurang dari 20 detik.

  1. Gunakan pelembab secara rutin

Gunakan produk pelembab kulit yang anda sukai, cobalah untuk mengoleskannya secara rutin pada kulit yang kering. Lakukan secara rutin dan konsisten setiap kali kulit mulai terasa mengering.Simpan pelembab wajah di samping tempat tidur, sehingga Anda selalu ingat untuk memakainya setiap malam sebelum tidur. Jadikan hal tersebut sebagai rutinitas anda. Jika kulit kering di bagian tangan, selalu bawa hand cream di tas yang sering digunakan sehari-hari. Selalu oleskan sehabis mencuci tangan.  Lebih baik lagi untuk mengoleskan pelembab saat bagian kulit masih sedikit basah seperti setelah mandi atau setelah cuci tangan. Hal ini akan membuat kelembaban kulit meningkat. Pilih produk pelembab yang memang cocok dengan kulit anda. Hindari yang wanginya terlalu menyengat karena biasanya mengandung pewangi yang justru membuat kulit cepat kering.

  1. Gunakan sunscreen
Baca Juga:  Tips Cara Merawat Wajah Ala Artis Tanah Air yang Terbukti Ampuh

Jika kebanyakan aktivitas Anda dilakukan di luar ruangan, ada baiknya untuk membawa sunscreen dan mengoleskannya secara berkala. Terdapat berbagai macam sunscreen dengan SPF berbeda-beda.Nilai SPF ini sebenarnya menunjukkan seberapa lama produk tersebut dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Contohnya, SPF 30 akan melindungi kulit selama 30 menit. Setelahnya, Anda perlu melapisi dengan lapisan sunscreen baru untuk menjaga kulit tetap lembab.

Demikian beberapa cara merawat kulit kering yang bisa anda coba di rumah. Ingatlah untuk selalu rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang sehat. Jangan terlalu lama berada di bawah AC dan selalu membawa lotion  dan pelembab kemanapun anda pergi.

error: Content is protected !!