Ternyata Ini Penyebab Jerawat Muncul di Wajah Anda

Ternyata Ini Penyebab Jerawat Muncul di Wajah Anda

Sudah merasa sangat rajin dan telaten dalam membersihkan kulit wajah, namun tetap saja masih berurusan dengan jerawat yang tidak henti-hentinya muncul. Terkadang membuat kita berpikir apa lagi yang harus dilakukan untuk membasmi jerawat. Jangan bingung lagi, ternyata apa yang kita alami tidak jauh-jauh dari keseharian kita Yuk cari tahu apa saja penyebab jerawat bica muncul tanpa permisi.

  1. Jenis kulit
    Hal ini bisa mempengaruhi resiko penyebab jerawat Dimana jerawat dapat muncul sendiri pada orang yang memiliki jenis kulit wajah berminyak. Sehingga perlu usaha ekstra dalam menjaga kebersihan wajah yang mudah berminyak.
  2. Faktor keturunan
    Biasanya karena orang tuanya berjerawat, maka hal ini bisa meningkatkan resiko anaknya juga mengalami masalah serupa.
  3. Stress
    Stress juga bisa meningkatkan resiko penyebab jerawat timbul, hal itu karena orang mengalami depresi berakibat metabolisme tubuhnya terganggu, yang akhirnya bisa memicu timbulnya jerawat di wajah, selain juga menganggu kesehatan tubuh secara umum.

 

  1. Hormon
    Faktor hormonal pada wanita biasanya saat kondisi hormon progesteron yang bekerja dan memicu munculnya kadar minyak berlebih, yang kemudian memicu munculnya jerawat. Faktor hormonal ini umumnya terjadi saat menstruasi ataupun saat hamil. Mengatasinya dengan konsumsi makanan bergizi, hindari makanan yang memicu jerawat, penting juga menjaga selalu kebersihan wajah.

5. Infeksi

Masalah ini biasanya terjadi ketika seseorang sadar-tak sadar memencet komedo di wajah dengan menggunakan tangan. Hal ini mengakibatkan penyebab jerawat timbul dan infeksi pada wajah, karena menyebarkan kuman yang berasal dari tangan.

  1. Produksi minyak berlebih
    Hal ini karena kelebihan kelenjar minyak karena tubuh “terlalu giat” memproduksi hormon androgen. Dimana kelenjar minyak yang berlebih bercampur dengan sel kulit mati. Campuran yang akhirnya menjadi tebal dan lengket akan membentuk penyumbat, yang akhirnya timbul bintik hitam di wajah.
Baca Juga:  Apa Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

 

  1. Bakteri
    Bakteri yang disebut p. acne, perlu Anda ketahui bahwa bakeri ini sering berkembang biak di kelenjar sebaceous yang mengalami masalah penyumbatan. Yang akibatnya menghasilkan zat-zat yang menyebabkan terjadinya iritasi di daerah sekitarnya.

 

  1. Terlalu sering makan gorengan
    Terutama untuk yang memiliki masalah jerawat pada wajah, perlu menghindari makan gorengan, karena mengandung banyak minyak yang memicu timbulnya jerawat.

 

  1. Terlalu banyak mengonsumsi coklat
    Cokelat yang rasanya amat lezat, ternyata bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Sehingga jika memang Anda pencinta cokelat, boleh saja konsumsi cokelat, tetapi harus dibatasi.

 

  1. Susu
    Susu memang mengandung banyak kalsium yang bermanfaat bagi tubuh, tetapi khusus susu sapi memiliki kandungan yang menghasilkan produksi hormon yang memicu kadar minyak dalam tubuh. Sehingga meingkatkan resiko timbulnya jerawat. Adapun bagi orang yang hanya memiliki sedikit kadar minyak pada wajah maka tidak mengapa konsumsi susu, termasuk susu sapi ini.

 

  1. Kecanduan alkohol
    Alkohol sudah tidak diragukan bahayanya, salah satu dampak dari alkohol yaitu membuat tubuh dehidrasi. Kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi dan kering, membuat jerawat mudah muncul.

 

  1. Makanan yang mengandung garam
    Sebenarnya garam tidak mengapa jika dikonsumsi dalam jumlah normal. Adapun konsumsi garam terlalu banyak membuat tubuh menahan banyak air, yang berakbiat terjadinya peradangan pada kulit dan memicu jerawat pada wajah.
Baca Juga:  Pencuci Muka Untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

 

  1. Mengonsumsi kacang-kacangan
    Khususnya jenis kacang tanah, yang memberikan efek sensitif pada wajah dan mudah berjerawat. Hal itu karena kacang tanah memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi, yang memberikan dampak buruk bagi wajah. Untuk itu, bukan hal yang baik terlalu sering ngemil kacang-kacangan.

 

  1. Faktor lingkungan                                                                                                                                                                                Jika Anda bekerja di lingkungan berminyak, seperti zat minyak di pabrik atau dapur, Anda dapat berjerawat atau membuat jerawat bertambah parah. Cuaca panas, cuaca lembap, atau cuaca kering juga dapat memicu jerawat.

 

  1. Tekanan dan gesekan pada kulit

Menggunakan helm, strap bra, atau pad bahu dapat menyebabkan jerawat bertambah buruk. Jika Anda memainkan biola, menahannya di antara pipi dan bahu juga dapat menjadi penyebab jerawat muncul atau menjadi lebih parah.

 

error: Content is protected !!