Kebiasaan yang Menyebabkan Timbulnya Jerawat Pada Wajah

Kebiasaan yang Menyebabkan Timbulnya Jerawat Pada Wajah

Jerawat masih menjadi momok menyebalkan baik bagi pria maupun wanita. Padahal jerawat muncul bukan karena tanpa alasan. Banyak aktivitas atau kebiasaan sehari-hari tanpa kita sadari yang menyebabkan timbulnya jerawat. Tentu banyak yang sudah tahu bahwa mengobati jerawat tidaklah mudah, oleh karena itu lebih baik mencegahnya terlebih dahulu. Apa saja sih kebiasaan yang menyebabkan timbulnya jerawat ? Kali ini flamingoid.com akan membahasnya untuk anda.

  1. Terlalu sering mencuci muka

Wajah yang kotor seringkali dianggap sebagai suatu hal yang menyebabkan timbulnya jerawat. Justru mencuci muka terlalu berlebihan dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit, mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Hal itu kemudian hanya akan memicu jerawat.

Mencuci muka cukup hanya dua kali. Gunakan air hangat dan sabun pembersih muka yang ringan. Hindari menggunakan kain waslap saat mencuci muka, cukup gunakan jari untuk membantu meratakan sabun pembersih.

  1. Memencet jerawat 

Memencet jerawat hanya akan menekan sumbatan pori ke bagian kulit yang lebih dalam, sehingga menyebabkan bekas jerawat. Memencet jerawat hanya akan membuat proses penyembuhan berlangsung lebih lama. Gunakan obat jerawat langsung pada lokasi jerawat yang akan menghentikan jerawat hingga akhirnya akan semakin mengecil. Tangan sebaiknya seminimal mungkin menyentuh wajah yang berjerawat, sebab minyak dari tangan dapat menyumbat pori-pori yang hanya akan memperparah jerawat.

  1. Menggunakan ponsel yang kotor

Ponsel yang baru selesai dipakai menelepon akan terkena minyak dan keringat. Ini tentunya hal yang menyebabkan timbulnya jerawat. Apalagi jika tekanan pada pipi kemudian memicu jerawat pecah. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan sebelum digunakan kembali, maka akan kembali ke kulit wajah beserta bakteri yang sudah berkembang. Jangan malas membersihkan layar ponsel. Sebagai alternatif, gunakan ear phone atau fasilitas lain yang memungkinkan wajah tidak menempel pada ponsel.

  1. Produk rambut yang menetes pada wajah
Baca Juga:  Rekomendasi Bedak yang Cocok untuk Pori Pori Besar

Jauhkan minyak rambut, gel atau produk rambut lain dari dahi atau bagian wajah lainnya, karena dapat memicu timbulnya jerawat. Sebab, produk-produk tersebut dapat menyumbat pori-pori. Hindari produk rambut yang mengandung banyak minyak dan cuci rambut dengan teratur.

  1. Menggunakan make-up berlebihan

Jangan pakai make-up secara berlebihan. Obat jerawat sebaiknya digunakan sebelum menggunakan make-up, kemudian dibersihkan menjelang tidur.Untuk kulit berjerawat, pilih make-up dengan label bebas minyak dan tidak menyebabkan komedo. Ada pula jenis make up yang membantu menyembunyikan jerawat

  1. Terlalu sering memegang wajah

Jangansering memegang wajah dengan tangan telanjang, apalagi anda tidak tahu apakah tangan anda sudah bersih atau belum.Rasanya memang gatal dan ingin sekali kita menggaruknya bahkan ingin memencetisi jerawat tersebut. Tapi tahukah anda itu adalah cara yang sangat tidak disarankan. Apabila anda sering memencet jerawat maka kulit wajah anda akan luka, dan bisa menimbulkan bekas jerawat bahkan bopeng. Bakteri yang menempel pada wajah saat anda memencet jerawat itulah yang menyebabkan jerawat tak kunjung sembuh, bahkan akan selalu muncul lagi, dan lagi.

  1. Jarang berolahraga

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah tidak keluarnya racun pada tubuh kita. Kita harus mengeluarkan racun yang terdapat pada tubuh kita dengan cara berolahraga. Tidak harusberolahraga dengan cara berat-berat, cukup anda joging, push up, sit up setiap hari, agar mengelarkan keringat.

  1. Kulit kepala berminyak
Baca Juga:  Mencerahkan Wajah Ala Artis Korea ? Yuk Intip Caranya !

Untuk mengatasi kulit kepala yang berminyak, pilihlah shampoo dan kondisioner yang mengandung asam salisilatKarena kandungan tersebut banyak dipakai untuk berbagai produk kecantikan.Terutama mengatasi kulit berminyak dan juga masalah jerawat, karena bisa mengangkat sel kulit mati dengan mudah.

     9. Pola makan dan gaya hidup tidak sehat

Pola tidur yang tidak teratur, dan sering mengkonsumsi makanan bermiyak adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat diwajah. Pengaruh makanan terhadap terjadinya jerawat masih diperdebatkan. Namun sangat disarankan anda untuk menjauhi makanan yang bersifat junkfood, makanan yang mengandung gula tinggi. Tidak hanya junkfood, kafein, alkohol, susu juga penyebab selalu timbulnya jerawat jika anda mengkonsumsi terlalu sering. Jika anda terlalu banyak minum kafein, tubuh cenderung lebih banyak memiliki energi dan kesulitan untuk tidur. Ini menyebabkan mekanisme pembuangan racun dimalam hari terganggu dan memicu darah kotor dan munculnya jerawat. Sebenarnya tidak ada yang salah jika anda mengkonsumsi gula. Namun, jika anda mengkonsumsinya berlebihan maka menyebabkan jerawat diwajah anda. Bahkan susu juga menjadi salah satu penyebab jerawat, karena susu mengandung lemak yang tinggi yang dapat memicu timbulnya jerawat.

  1. Malas membersihkan wajah

Dengan membasuh wajah dapat memberikan efek wajah yang bersinar dan rileks. Membasuh wajah sebelum tidur memiliki kuman yang lebih sedikit daripada tidak membasuh muka.

Selain itu, air yang dibasuhkan di wajah akan membuat wajah seakan-akan melakukan pemijatan secara alami, sehingga wajah akan tampak rileks dan membantu peremajaan kulit.

error: Content is protected !!