Apa Saja Sih Zat Penyebab Komedo ? Cari tahu disini !

Apa Saja Sih Zat Penyebab Komedo ? Cari tahu disini !

 

Siapa yang tidak kenal dengan komedo ? Kehadirannya yang kerap kali muncul di hidung anda membuat penampilan anda jadi kurang maksimal. Jika anda malas membersihkan komedo dan membiarkannya menumpuk, akan semakin sulit untuk menghilangkannya dan semakin merusak penampilan. Banyak sekali produk-produk kecantikan yang menawarkan manfaat untuk menghilangkan komedo tetapi ada beberapa juga yang tidak efektif, komedo tetap saja muncul. Ini tidak akan terjadi jika anda mencegahnya. Ladies, komedo dapat dicegah dengan cara mengetahui zat penyebab komedo yang ada di dalam skincare dan kosmetik anda. Tentunya anda pernah menjumpai beberapa produk yang berisi tulisan non comedogenic, itu berarti produk tersebut mengklaim bahwa bahan-bahan yang ada di dalamnya tidak terdapat zat penyebab komedo. Tapi apakah itu benar ? ada baiknya anda juga mengetahui apa saja zat penyebab komedo sehingga anda bisa lebih bijak untuk memilih produk kecantikan yang tepat untuk anda. Berikut flamingoid.com ulas zat penyebab komedo untuk anda.

  1. Minyak Biji Chia

Minyak biji chia saat ini kerap kali digunakan dalam berbagai produk skincare berkat manfaatnya yang bagus untuk kulit karena tinggi kandungan omega 3. Sayangnya, kandungan omega 3 ini merupakan salah satu zat penyebab komedo. Minyak biji chia sangat bagus untuk menutrisi kulit tapi alangkah baiknya tidak terlalu sering digunakan.

  1. Microbeads
Baca Juga:  Kulit Kepala Mengelupas Seperti Ketombe

Partikel kecil microbeads bisa masuk ke dalam pori-pori anda dan akan sulit untuk dibersihkan oleh pembersih biasa. Disarankan untuk menggunakan pembersih khusus untuk pori-pori agar partikel microbeads yang dapat menyebabkan komedo terangkat dengan maksimal.

  1. Minyak Buah Alpukat

Minyak buah alpukat mengandung linoleic acid 15%, linolenic acid 0,8% dan oleic acid 65%. Zat ini cocok digunakan untuk kulit kering tapi dapat menyebabkan penumpukan minyak pada pori kulit sehingga beresiko untuk munculnya komedo. Sebaiknya produk berbahan minyak buah alpukat ini digunakan pada malam hari.

  1. Talc

Zat yang satu ini bisa merusak warna kulit atau menyebabkan diskolorasi. Selain itu, talc juga menyumbat pori-pori dan membuat wajah anda menjadi kering.

  1. Minyak Bunga Camelia dan Biji Teh Hijau

Minyak bunga camellia mengandung linoleic acid 7% dan oleic acid 79%. Jika kandungan dari minyak bunga camelia ini digabung dengan kandungan biji teh hijau maka dapat beresiko menimbulkan komedo.

  1. Alkohol

Alkohol digunakan untuk meningkatkan daya serap kulit, kekurangannya adalah terkadang membuat kulit semakin kering dan iritasi.

  1. Minyak kelapa
Baca Juga:  Manfaat Minyak Kelapa Untuk Alis dan Bulu Mata

Minyak kelapa sangat bagus untuk mengangkat kotoran dari wajah. Tapi jika terlalu sering digunakan kandungan ini akan menyumbat pori-pori dan susah dibersihkan.

  1. Paraben dan Phtalates

Kandungan ini sangat sering dijumpai pada banyak produk kecantikan karena berfungsi sebagai pengawet dan mengencerkan bahan padat lainnya. Tetapi jika dosisnya berlebihan, kedua kandungan tersebut dapat beracun dan mengacaukan hormon.

  1. Silikon

Fungsi silikon dalam produk kecantikan adalah untuk membuat kulit terasa lembut. Tapi bahan ini juga bisa berbahaya karena menyebabkan kulit kering serta pori-pori tersumbat.

  1. Coconut Butter

Zat ini mengandung linoleic acid 3,2%, oleic acid 35%, pamitic acid 26% dan stearic acid 35%. Sebenarnya zat ini sangat baik digunakan pada pada kulit kering karena melembabkan dan juga berfungsi untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. Namun jika kulit anda berminyak, sebaiknya anda menghindari bahan ini karena kandungan stearic acid yang tinggi dapat menutup pori-pori dan menyebabkan komedo.

error: Content is protected !!